Kompas.com - 21/05/2021, 09:42 WIB

KOMPAS.com – Mulai Jumat (21/5/2021), Stasiun Cikampek melayani layanan tes GeNose seharga Rp 30.000 guna mengakomodasi kebutuhan perjalanan pengguna Kereta Api (KA) Jarak Jauh.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Jumat, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan perangkat alat tes GeNose, dua bilik pengambilan sampel napas, dan perangkat komputer.

Ada juga ruang tunggu dan print bagi analisis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan GeNose.

Baca juga: Penumpang Bisa Pilih antara GeNose Test, Rapid Test Antigen, atau RT-PCR untuk Syarat Naik Kereta Api

Sebelum melakukan GeNose, calon penumpang KA Jarak Jauh dilarang makan atau minum dan merokok 30 menit sebelum tes.

Lebih lanjut, calon penumpang harus memiliki tiket KA atau kode pemesanan yang telah terbayar lunas sebelum melakukan tes.

Calon penumpang melakukan tes Antigen atau GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Per 1 Mei 2021, tercatat sudah ada lebih dari 6.000 calon penumpang yang akan diberangkatkan dengan keberangkatan didominasi oleh penumpang ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya Malang dan Surabaya.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon penumpang melakukan tes Antigen atau GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Per 1 Mei 2021, tercatat sudah ada lebih dari 6.000 calon penumpang yang akan diberangkatkan dengan keberangkatan didominasi oleh penumpang ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya Malang dan Surabaya.

Jika ingin menggunakan layanan GeNose di Stasiun Cikampek, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau calon penumpang KA Jarak Jauh untuk melakukannya sehari sebelum jadwal keberangkatan.

Saat ini, masa berlaku hasil negatif tes PCR, rapid antigen, dan GeNose adalah maksimal 1x24 jam. Untuk area Daop 1 Jakarta, terdapat empat stasiun dengan layanan GeNose.

Baca juga: Libur Lebaran Usai, Ini Syarat Terbaru Naik KA Jarak Jauh

Adapun, stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, dan Cikampek. Sementara itu, layanan rapid antigen hanya tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.