Kompas.com - 22/06/2021, 15:08 WIB
Wahana flying board di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah Dok. UMBUL PONGGOKWahana flying board di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Semua obyek wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditutup secara total untuk sementara.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho.

Ia menyampaikan bahwa penutupan semua obyek wisata di Klaten tertuang dalam Instruksi Bupati Klaten No. 3 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 pada Kondisi Zona Merah di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Wisata Rowo Jombor Klaten akan Direvitalisasi Mulai 16 Juli 2021

"Berdasarkan instruksi terbaru dari Bupati Klaten obyek wisata di Klaten ditutup sementara untuk para wisatawan," ujar Sri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Bendera El Clasico berkibar di Umbul Ponggok, Jawa Tengah.LALIGA Bendera El Clasico berkibar di Umbul Ponggok, Jawa Tengah.

Dalam surat tersebut tertulis, penutupan dilakukan dalam rangka pengendalian dan upaya percepatan dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 yang makin meningkat. Status Kabupaten Klaten kini juga zona merah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di poin kedua dalam surat tersebut tertulis bahwa Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Klaten mengimbau semua pengelola obyek wisata di Kabupaten Klaten agar menutup tempat wisata, termasuk kegiatan usaha di dalamnya.

Baca juga: Semua Tempat Wisata di Klaten Tutup 26-27 Mei 2021

Surat tertanggal 21 Juni 2021 yang ditandatangani Bupati Klaten Sri Mulyani tersebut mencabut Instruksi Bupati Klaten Nomor 2 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Kendati demikian, dalam poin ke-16 surat tersebut menjelaskan, pada saat ditetapkannya Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2021, ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Klaten Nomor 443.5/129 tentan Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Instruksi Bupati yang baru.

Sebelumnya, wisata di Klaten tutup tiap akhir pekan

Melansir dari Kompas.com, Jumat (18/6/2021) sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi menutup semua tempat wisata di Klaten, Jawa Tengah, setiap akhir pekan.

"Iya betul, sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Klaten maka per hari ini semua obyek wisata Klaten setiap hari Sabtu-Minggu ditutup," ujar Sri.

Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhan 2019 lalu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhan 2019 lalu.

Ia melanjutkan bahwa kebijakan tersebut tertuang dalam SE Bupati Klaten Nomor: 443.5/129 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Seluruh Obyek Wisata di Klaten Resmi Tutup Tiap Akhir Pekan

Dalam surat tersebut, pada poin q nomor 6a tertulis untuk semua daya tarik wisata berupa wisata alam, wisata tirta, wisata religi, dan wisata budaya/sejarah ditutup hari Sabtu dan Minggu, pada minggu pertama dan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.