Stop! Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan Tutup sampai 5 Juli 2021

Kompas.com - 01/07/2021, 13:50 WIB
Ilustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan. SHUTTERSTOCK / BABAN SOBARUDINIlustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan.

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai via Kuningan, Jawa Barat ditutup hingga 5 Juli 2021.

Humas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Agus Yudantara mengatakan, penutupan berlaku sejak 29 Juni dan merupakan perpanjangan dari penutupan pada 16-28 Juni.

Baca juga: Ide Staycation di Linggarjati Kuningan Saat Libur Lebaran

“Yang ditutup wilayah Kuningan saja sesuai Instruksi Bupati Kuningan. Sedangkan yang Majalengka tetap buka,” ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Adapun, surat yang dimaksud adalah Instruksi Bupati Kuningan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Penguatan Penekanan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan.

Dalam surat tersebut, tertulis sejumlah kegiatan masyarakat yang dilarang untuk dilakukan hingga 5 Juli. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum:

Baca juga: Terpikat Pesona Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Resepsi/hajatan pernikahan/khitanan secara terbuka/tertutup.
  • Penyelenggaraan acara, hiburan, hobi, komunitas, obyek wisata dan olahraga berkelompok secara terbuka/tertutup, dan,
  • Hiburan malam/karaoke, bumi perkemahan dan glamping.

Untuk diketahui, Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat memiliki empat jalur pendakian resmi yang tersebar di Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Pemandangan Gunung Ciremai yang terlihat dari jalur menuju tempat wisata Bukit Lambosir, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (31/8/2017).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemandangan Gunung Ciremai yang terlihat dari jalur menuju tempat wisata Bukit Lambosir, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (31/8/2017).

Di Kabupaten Kuningan, jalur pendakiannya adalah Palutungan, Linggasana, dan Linggajati. Sementara di Kabupaten Majalengka adalah Apuy.

“Untuk penutupan yang sekarang, semua calon pendaki booking melalui jalur Apuy saja. Jadi minggu ini tidak ada yang naik ke jalur pendakian di Kuningan,” jelas Agus.

Baca juga: Surga Wisata Kuningan di Balik Gunung Ciremai

Kegiatan wisata juga disetop

Selain jalur pendakian, Agus mengatakan bahwa seluruh kegiatan wisata termasuk wisata alam, kemah, dan trekking juga disetop sementara waktu.

Alhasil, tempat wisata kelolaan TNGC di Kabupaten Kuningan juga menutup pintunya dan tidak menerima wisatawan hingga 5 Juli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.