Kompas.com - 20/07/2021, 17:26 WIB

KOMPAS.comKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) jalin kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk memperkuat pengembangan desa wisata.

“Kemendes PDTT bertindak untuk mendorong infrastruktur dari sebuah desa wisata. Sementara, Kemenparekraf berperan untuk mengembangkan sumber daya manusia, serta sarana prasarana terkait pariwisata dan ekonomi kreatif di desa tersebut,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin (19/7/2021).

Ia menambahkan, Kemenparekraf juga bekerja sama dengan berbagai stakeholder untuk mempercepat pengembangan desa wisata.

Baca juga: Target Kemenparekraf: 244 Desa Wisata Maju, Mandiri, dan Tersertifikasi pada 2024

Pihaknya menargetkan sebanyak 244 desa wisata telah tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri di tahun 2024. Target tersebut juga bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Saat ini Kemenparekraf tengah menjalankan rangkaian ajang Anugerah Desa Wisata 2021 atau ADWI 2021. Terdapat 1.389 desa wisata yang menjadi peserta acara tersebut.

“Ada beberapa ratus lagi yang tidak sempat daftar karena pendaftaran sudah tutup, tapi kita fasilitasi untuk tahun depan. Ini akan jadi program yang berkelanjutan,” ucapnya.

Pengelola desa yang telah mendaftar kini mengikuti bimbingan teknis dan workshop untuk memaksimalkan produk wisata di desanya masing-masing.

Baca juga: Kemenparekraf Adakan Workshop untuk Desa Wisata, Catat Tanggalnya!

Rencananya, pemenang ADWI 2021 akan diumumkan di bulan Desember mendatang.

“Saya sangat berharap ajang ini bisa memberikan motivasi, inspirasi, dan semangat bagi pengelola desa wisata yang ada di seluruh Indonesia, untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan berdaya saing,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa desa wisata bukan hanya tentang peningkatan perekonomian, tapi juga pemberdayaan masyarakat setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.