Kompas.com - 30/08/2021, 18:06 WIB

 

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggenjot vaksinasi di berbagai daerah.

“Dengan target dapat melakukan vaksinasi hingga 95 persen. Sampai dengan Minggu (29/8/2021), sekitar 281.269 masyarakat telah tervaksinasi di 37 sentra vaksinasi kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai pihak,” kata dia di Weekly Press Briefing virtual, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Sebut Pelaku Seni Bakal Sosialisasi Protokol Kesehatan di Sentra Vaksinasi

Pihaknya berharap dapat mengejar target menyuntik 450.000 masyarakat pada September 2021, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terkait vaksinasi, Sandiaga mengatakan bahwa kepercayaan masyarakat untuk berwisata dengan aman menjadi keharusan untuk membangkitkan industri pariwisata.

Baca juga: Dusun Semilir Bawen Buka Lagi, Wahana Wisata Tutup Saat Minggu

Dengan begitu, kebijakan penggunaan kartu vaksin Covid-19 untuk memasuki tempat wisata terus digodok.

“Kebun Raya Cibodas yang beroperasi sejak Rabu (25/8/2021) lalu sudah mewajibkan wisatawan yang datang untuk menunjukkan surat bukti telah memperoleh vaksin Covid-19 minimal dosis pertama,” ungkap Sandiaga.

Baca juga: Industri Pariwisata Makin Pulih di Kuartal Kedua 2021

Adapun, hal tersebut dilakukan guna menekan laju penyebaran Covid-19, terlebih bagi kalangan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Persiapan menerima kembali wisatawan

Dalam persiapan menerima kembali wisatawan jika tempat wisata mulai banyak yang dibuka kembali, Sandiaga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda, Pemkab, Pemprov, dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Mereka juga berencana untuk berkolaborasi dengan Kementerian terkait guna memaksimalkan peran dan fungsi dari aplikasi PeduliLindungi.

Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHER Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali.

“Nantinya akan dapat mengasistensi,dan juga memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat tentang protokol kesehatan, informasi vaksin, hingga kontrol keramaian di destinasi,” ujar Sandiaga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.