Panduan Cetak Tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk Boarding di Stasiun Gambir

Kompas.com - 30/08/2021, 12:15 WIB

 

KOMPAS.com – Sistem boarding tiket di stasiun keberangkatan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, kini sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Melansir Kompas.com, Minggu (29/8/2021), data vaksinasi calon penumpang KA Jarak Jauh akan terlihat saat mereka melakukan boarding.

“Data vaksinasi tidak tercetak di boarding pass, tapi ada di layar petugas,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Jangan Lupa, Boarding Tiket KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir Kini Pakai PeduliLindungi

Dia melanjutkan, petugas akan melihat data tersebut melalui layar komputer saat penumpang memindai tiket untuk boarding.

Sementara untuk hasil negatif tes Covid-19, Eva mengatakan bahwa data akan terpampang pada layar petugas jika penumpang melakukan tes di stasiun keberangkatan.

“(Hasil tes akan keluar) kalau tes di stasiun, atau dia tes di tempat yang sudah terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi. Kalau tes kan tidak semua tempat terintegrasi, berkas hasil negatif tetap harus bawa,” tutur Eva.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api untuk Anak-anak Usia di Atas 12 Tahun

Sebagai informasi, tempat tes Covid-19 yang datanya terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi adalah yang sudah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Daftar lengkapnya bisa dilihat lewat situs berikut.

Lantas, seperti apa panduan melalui sistem boarding tiket di stasiun? Berikut Kompas.com rangkum cara cetak tiket KA Jarak Jauh untuk boarding di stasiun:

1. Beli tiket KA Jarak Jauh

Sebelum melalui sistem boarding tiket di stasiun, calon penumpang harus sudah memiliki tiket KA Jarak Jauh. Sebab, pencetakan tiket memerlukan kode booking.

2. Pergi ke stasiun untuk check-in mandiri

Setelah tiket dibeli, pergi ke stasiun keberangkatan untuk check-in mandiri lewat konter check-in pada hari keberangkatan.

Baca juga: 6 Stasiun di Jakarta dan Sekitarnya yang Berdekatan dengan Museum

3. Cetak tiket di konter check-in

Pada hari keberangkatan, kamu bisa lakukan proses cetak tiket atau boarding pass di konter check-in yang sebelumnya digunakan untuk check-in.

Eva mengatakan bahwa cara mencetaknya mudah lantaran layar monitor sudah memiliki panduan data apa saja yang perlu dimasukkan, mengutip Kompas.com, Kamis (28/11/2019).

“Monitor akan mengarahkan masyarakat untuk memasukkan kode booking, dan tiket langsung tercetak,” kata dia pada Selasa (26/11/2019).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.