Kompas.com - 17/09/2021, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Ada beragam tempat wisata, mulai dari budaya, edukasi, hingga alam.

Begitu pula dengan pusat DIY, yakni Kota Yogyakarta. Ada banyak tempat wisata di sana. Terlebih, letaknya yang strategis menjadi magnet yang menarik perhatian banyak pelancong.

Bagi kamu yang berencana menikmati liburan sehari di tengah Kota Yogyakarta, itinerary berikut patut untuk dicoba.

Baca juga: Watu Lumbung Yogyakarta Ikut Uji Coba Pembukaan, Siap-siap Terima Wisatawan

Sarapan gudeg asli Yogyakarta

Mendengar kuliner khas Yogyakarta, gudeg tentu menjadi hal yang pertama kali terlintas. Makanan berbahan dasar nangka muda menjadi sajian yang harus dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta.

Sepiring Gudeg Jogja Bu Tinah di Gondangdia, Jakarta Pusat. Dok. Kevindra Soemantri Sepiring Gudeg Jogja Bu Tinah di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Sajian ini memiliki rasa gurih dan manis. Uniknya, makanan ini juga menggunakan daun jati sebagai salah satu bumbu yang memberikan warna cokelat.

Salah satu tempat makan yang menyediakan sajian ini adalah Kuliner Gudeg Pecel Pasar Beringharjo Bu Yamtini. Tempat makan ini buka sejak pukul 06.00 sampai 15.00 WIB.

Hanya dengan harga sekitar Rp 10.000 pembeli sudah dapat menikmati satu porsi gudek.

Baca juga: 3 Tempat Uji Coba Wisata di Yogyakarta Berubah, Ini Penjelasan Kadispar DIY

Belajar sejarah perjuangan bangsa di Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg terletak di Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Museum ini merupakan pusat informasi sejarah di Yogyakarta.

Diorama di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta DOK, kebudayaan.kemdikbud.go.id Diorama di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta DOK, kebudayaan.kemdikbud.go.id

Pengunjung bisa menyaksikan bermacam diorama yang ada di Museum Benteng Vredeburg. Salah satunya dalah diorama Palang Merah Indonesia.

"Jadi semua diorama di Museum Benteng Vredeburg itu merekam jejak sejarah yang terjadi di Yogyakarta," kata Pamong Budaya Ahli Muda bagian Bimbingan dan Edukasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Mahtisa Iswari kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.