Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Bali Bukan Satu-satunya Surga Wisata Indonesia, Jelajahi Juga 5 Surga Destinasi Super Prioritas Ini

Kompas.com - 25/09/2021, 16:38 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BALI memang surga wisata, tak hanya bagi orang Indonesia tetapi juga untuk warga dunia. Pesona Bali juga tak terbatas rupa alam tetapi juga kesatuan jiwa orang Bali dalam memandang hidup dan kehidupan.

Baca juga: Jelajahi Bali, Lengkap dengan Itinerary

Namun, surga di Indonesia tak hanya Bali. Ada terlalu banyak surga lain di Indonesia untuk setidaknya sekali disambangi selama nyawa di badan. 

Setidaknya, ada lima destinasi wisata lain di Indonesia yang patut disebut juga sebagai surga Indonesia. Kelima destinasi itu dinyatakan sebagai Destinasi Super Prioritas Indonesia.

Destinasi mana sajakah itu dan apa saja tawarannya?

Danau Toba

Pemandian Sipoholon di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. KONTAN/MURADI ROMDANI Pemandian Sipoholon di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.
Pemandian Sipoholon di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. KONTAN/MURADI ROMDANI Pemandian Sipoholon di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Danau Toba adalah legenda. Ada cerita rakyat yang melegenda tentang kisah pemuda bernama Toba. Namun, keberadaannya dari sisi sains dan sejarah juga adalah legenda tersendiri.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Danau Toba, Danau Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Bermula dari letusan mahadahsyat yang mengubah dunia, legenda keberadaan Danau Toba jadi cerita bertutur lewat cerita Toba, putri perwujudan ikan mas, dan Samosir buah cinta mereka. 

Baca juga: 7 Spot Menarik untuk Menikmati Keindahan Danau Toba

Menawarkan beragam obyek wisata berbasis alam dan budaya, Danau Toba ada di Sumatera Utara, masuk dalam cakupan tujuh kabupaten di provinsi itu. Di sini ada pantai, danau di atas danau, desa wisata, serta jejak arkeologi yang masih terus jadi obyek penelitian dunia. 

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Danau Toba, lengkap dengan cara menuju Danau Toba dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Danau Toba. 

Danau Toba di Sumatera Utara.SHUTTERSTOCK/ANDI SYAHPUTRA Danau Toba di Sumatera Utara.

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Danau Toba yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Danau Toba yang Instagramable

Borobudur

Candi Borobudur saat matahari terbenam.  .SHUTTERSTOCK/Dmitry Zimin Candi Borobudur saat matahari terbenam. .

Borobudur bukanlah semata kawasan mahakarya Candi Borobudur. Destinasi Super Prioritas ini mencakup pula banyak obyek dan kawasan wisata di Jawa Tengah, dengan Candi Borobudur adalah salah satunya.

Candi Borobudur masih menyimpan banyak rahasia dan catatan. Namun, kawasan wisata di sekitarnya juga punya pesona tersendiri.

Baca juga: Candi Borobudur Mulai Buka untuk Wisatawan, Ini Syaratnya

 

Para pencari ketenangan jiwa, destinasi Borobudur layak disambangi, berbonus keramahan khas warga di destinasi yang banyak berada di pedesaan pula. 

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Borobudur, lengkap dengan cara menuju Borobudur dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Borobudur.

Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung SumbingKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com