Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 08:20 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

Sumber Kemlu

KOMPAS.com – Indonesia resmi menjadi tuan rumah World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia 2022 yang akan digelar pada 27 September 2022.

Keputusan itu disahkan pada Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada 30 November-3 Desember 2021 di Madrid.

Dikutip dari situs web resmi Kementerian Luar Negeri, Sidang Majelis Umum UNWTO adalah pertemuan dua tahunan negara-negara UNWTO untuk membahas kebijakan pariwisata dunia.

Baca juga: Harapan Sejumlah Tokoh Indonesia di World Tourism Day, Bangkit Usai Covid-19

Pada acara tersebut, negara-negara anggota sepakat bahwa pariwisata adalah pilar pembangunan yang menyerap banyak lapangan kerja, inklusif, dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, percepatan pemulihan pariwisata dunia pascapandemi Covid-19 harus terus dilakukan, salah satunya dengan mengupayakan ketersediaan vaksin.

Indonesia pun memiliki kepentingan besar untuk memajukan agenda-agenda pariwisata global, terutama pemulihan pariwisata pascapandemi Covid-19. Sebagai informasi, Indonesia telah menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975.

Baca juga: Harapan Sejumlah Tokoh Indonesia di World Tourism Day, Bangkit Usai Covid-19

Sebelumnya, Desa Nglanggeran di Yogyakarta juga sukses meraih gelar sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia UNWTO.

Ilustrasi salah satu sudut di Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi salah satu sudut di Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Nglanggeran bersanding dengan 43 desa wisata lainnya dari 32 negara sebagai desa wisata terbaik.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/12/2021), sebanyak 44 desa wisata dari 32 negara itu kian diunggulkan karena memiliki kekayaan alam dan budaya.

Masyarakatnya pun senantiasa berkomitmen dan berinovasi dalam pengembagan pariwisata, sehingga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: 5 Atraksi Menarik Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 UNWTO

Adapun UNWTO adalah salah satu badan PBB yang bertugas mempromosikan wisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan, dan universally accessible.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kemlu
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com