Kompas.com - 06/01/2022, 16:45 WIB
Matahari terbit di hadapan patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro pada 24 Maret, 2021. Patung yang berusia 90 tahun tersebut direstorasi sebagai bagian dai perayaan hari jadinya di bulan Oktober 2021. (Photo by CARL DE SOUZA / AFP) CARL DE SOUZAMatahari terbit di hadapan patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro pada 24 Maret, 2021. Patung yang berusia 90 tahun tersebut direstorasi sebagai bagian dai perayaan hari jadinya di bulan Oktober 2021. (Photo by CARL DE SOUZA / AFP)

KOMPAS.com – Varian baru Covid-19 Omicron membuat parade jalanan dan pesta jalanan di Rio de Janeiro, Brasil batal lagi.

Selain kemunculan varian baru, pembatalan acara tersebut juga disebabkan oleh peningkatan kasus Covid-19.

Peningkatan kasus Covid-19 memang sedang terjadi di Brasil. Kementerian Kesehatan setempat pada Selasa (4/1/2021) mengatakan bahwa terjadi 18.759 kasus baru dan 175 kematian dalam 24 jam.

Baca juga: Selain Ngopi, Turis di Kafe Brasil Juga Bisa Adopsi Kucing

Sementara itu, ada sekitar 170 kasus Omikron yang dikonfirmasi. Jumlah itu naik dari sebelumnya yang hanya 32 pada pekan sebelumnyaa.

Adapun acara jalanan tiap tahun itu selalu berhasil menarik ratusan ribu orang-orang untuk datang dan bersuka cita.

Ilustrasi Karnaval Rio de Janeiro di Brasil.Shutterstock Ilustrasi Karnaval Rio de Janeiro di Brasil.

Diberitakan Antara, Rabu (5/1/2021), acara dibatalkan setelah Walikota Rio de Janeiro, Eduardo Paes bertemu otoritas kesehatan.

Meski demikian, tetap ada parade dari sekolah samba Rio yang akan tetap berlangsung. Namun, pelaksanaan tetap dilakukan dengan langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain di Rio de Janeiro, parade jalanan juga turut dibatalkan di kota-kota lain. Kota Salvador adalah salah satu yang membatalkan.

Baca juga: Brasil Bangun Patung Yesus, Lebih Tinggi dari Rio de Janeiro

Untuk Kota Sao Paulo, acara tidak dibatalkan, melainkan dipindah. Parade rencananya akan dialihkan ke trak balap Formula Satu Interlagos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.