Kompas.com - 20/01/2022, 12:05 WIB


KOMPAS.com - Di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terdapat agrowisata baru yaitu kebun Oktobery.

Nama Oktobery dipilih lantaran proses penanaman benih pertama kali dilakukan sejak Oktober 2021 lalu.

Baca juga:

Pengelola Oktobery, Marisa, mengatakan bahwa pembukaan kebun di Tasikmalaya ini berawal dari keinginannya untuk mengubah mindset masyarakat bahwa agrowisata stroberi hanya ada di Kota Bandung, Jawa Barat. 

"Di Tasikmalaya belum ada yang menanam stroberi. Jadi (jika ingin ke) perkebunan stroberi yang agrowisata, mindset-nya harus ke Bandung. Saya ingin mengubah mindset orang kalau petik stroberi enggak harus ke Bandung, di Tasikmalaya juga ada," tuturnya kepada Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Asiknya memetik buah stroberi di Oktobery Tasikmalayadokumentasi pribadi Oktobery Asiknya memetik buah stroberi di Oktobery Tasikmalaya

Hingga saat ini, terdapat 1.500 batang stroberi yang telah ditanam dan 1.000 batang stroberi yang siap panen setiap harinya.

Baca juga:

Cukup membayar harga tiket Oktobery mulai dari Rp 20.000, wisatawan bisa memetik buah stroberi dan membawanya pulang sampai dua kilogram. 

"Jadi siapa saja yang masuk boleh petik sendiri. Pengunjung nanti bayar tiket, setelah stroberi dapat, akan menjadi hak pengunjung," jelas Marisa.

Agrowisata memetik buah stroberi di Oktobery Tasikmalayadokumentasi pribadi Oktobery Agrowisata memetik buah stroberi di Oktobery Tasikmalaya

Setelah puas memetik stroberi, wisatawan bisa menuju Saung Ampar Bako. 

Adapun fasilitas ini menawarkan hidangan tradisional khas Sunda, di antaranya nasi liwet, ikan bakar, ayam bakar, dan berbagai olahan pepes.

Ada juga sate stroberi berbagai rasa dan jus stroberi sebagai pelepas dahaga. 

Baca juga:

Wisatawan juga bisa menikmati udara pegunungan di kebun seluas 700 meter persegi sembari ngopi secangkir kopi robusta atau arabica. 

Alamat Oktoberi ada di Jalan Cisinga, Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Lokasinya bisa dicapai melalui Jalan Ciawi atau Jalan Pageningan di Tasikmalaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.