Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 08:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa, (01/02/2022) bakal menjadi momen pergantian tahun kalender China, dari kerbau logam berganti menjadi macan air.

Memasuki tahun macan air, akan ada berbagai perubahan terkait peruntungan, termasuk dalam bidang wisata.

Senior Consultant dan Co-Founder Feng Shui Consultant Indonesia, Angelina Fang menyebut, macan mewakili elemen kayu yang besar.

Elemen sendiri dapat memengaruhi sifat manusia, sehingga kayu besar diibaratkan seorang manusia yang memiliki sifat kokoh, ambisius, dan baik hati.

Selain itu, kayu besar yang biasa ditemukan di pohon juga bersifat aktif, tumbuh berkembang, dan senang bertualang karena akarnya yang menjalar.

"Tahun macan air, bukan berarti melihat sifat binatang si macan, jadi galak atau enggak sabaran. Tidak, ya. Aslinya macan ini hanya mewakili lambang atau elemen. Dulu dibuat untuk memudahkan penyebutan tahun," ujar Angelina kepada Kompas.com, Minggu (16/01/2022).

Di sisi lain, sifat macan air tergambar sebagai sosok yang impulsif, kurang sabar, dan keras kepala.

Menurut Angelina, macan yang datang bersama air artinya merupakan perpaduan elemen, yakni pertemuan kayu besar dengan air besar. Merujuk pada sifat air, artinya orang-orang akan lebih fleksibel dan adaptif sehingga mudah bergerak.

Kedua elemen ini, lanjut Angelina, mirip dalam hal senang bergerak, impulsif, dan sensitif.

Baca juga:

7 Tips Wisata pada Tahun Macan Air Berdasarkan Pakar Feng Shui

Berencana Jalan-jalan? Simak Dulu Peruntungan 12 Shio Sepanjang 2022

Rekomendasi destinasi wisata di tahun macan air

Oleh karena beberapa alasan tersebut, jiwa eksplorasi membuat orang-orang di tahun macan air cenderung lebih senang mencoba hal-hal baru. Misalnya, kuliner atau tempat wisata baru.

"Nah, sebenernya wisata singkat yang sederhana dan praktis itu bisa jadi pilihan. Mungkin saja selama beberapa waktu kita jarang keluar rumah, ada perubahan. kan, renovasi atau tempat yang berubah," kata perempuan yang berdomisili di Jakarta Utara ini.

Sehingga, rekomendasi destinasi wisata untuk para wisatawan selama 2022 adalah mengunjungi tempat terdekat yang mungkin belum diketahui sebelumnya.

Misalnya, mencoba staycation atau menginap di hotel terdekat yang belum pernah dicoba, restoran baru di dekat rumah, atau mal yang baru buka.

 Aloft Hotels menjadi pilihan tepat untuk staycation.(Dok. Aloft Hotels) Aloft Hotels menjadi pilihan tepat untuk staycation.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com