Kompas.com - 17/02/2022, 07:06 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Dua hari terakhir, jagat maya diramaikan dengan sebuah video yang memperlihatkan dua wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Nuda Tenggara Timur (NTT) mengaku ditipu agen perjalanan.

Merespon kejadian tersebut, Direktur BPOLBF, Shana Fatina, menegaskan pentingnya pengetahuan wisatawan untuk memiliki referensi daftar agen perjalanan atau operator tur  sebelum berwisata.

"Kami sudah mendata travel agent resmi yang bisa diakses teman-teman wisatawan."

"Data ini kami siapkan melalui akses registrasi online untuk mempermudah akses wisatawan terhadap travel agent resmi dan sekaligus upaya kami menghindarkan wisatawan dari hal-hal yang merugikan mereka saat berlibur ke Labuan Bajo," kata Shana dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/02/2022).

Baca juga: 4 Ciri-ciri Agen Perjalanan Abal-abal, Waspadai agar Tak Ditipu

Memastikan legalitas agen

Shana mengimbau para calon wisatawan untuk memastikan legalitas agen perjalanan yang akan digunakan demi menjamin keamanan dan keselamatan para wisatawan itu sendiri.

Saat ini, BPOLBF mencatat setidaknya ada 263 agen perjalanan atau operator tur tesmi yang bisa dijadikan panfuan rekomendasi liburan aman.

Shana menambahkan, para wisatawan yang ingin berlibur ke Labuan Bajo bisa melihat referensi dan mendaftar ke situs BPOLBF.

Baca juga: Dugaan Kasus Penipuan Agen Travel di Labuan Bajo, BPOLBF Tindak Lanjuti

Setelah itu, penting untuk merencanakan perjalanan dengan matang, termasuk waktu, budget perjalanan, dan akomodasi agar sesuai.

"Setelah semua disiapkan, pastikan anda sudah divaksin. Menyiapkan hasil tes negatif antigen/PCR sebelum keberangkatan, mengisi e-Hac saat kedatangan. Paling penting juga menjaga kebersihan dan keamanan diri selama perjalanan," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.