Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diberlakukan selama satu minggu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski begitu, tempat wisata tetap buka.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Basakara Aji mengatakan bahwa meski tempat wisata tidak ditutup selama PPKM Level 4, masyarakat dan pengelola diminta memperketat protokol kesehatan.

"Tidak ada penutupan. Harus diperketat untuk masuk tempat wisaya jumlah kan beda. Persentase yang bisa masuk beda," kata dia, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: 8 Tempat Makan di Jogja Ini Punya Pemandangan Indah

Ia menyampaikan, sebelum diberlakukan PPKM 4 atau saat PPKM level 2 dan 3, persentase tempat wisata yang buka 70 persen, 50 persen, dan 25 persen.

Dengan adanya diberlakukan PPKM level 4 ini, menurut Aji, akan berpengaruh pada ekonomi daerah karena jumlah wisatawan yang dibatasi.

"Kalau ekonomi tentu ada pengaruhnya ya karena misalnya di destinasi wisaya bisa 75 persen jadi 50 persen. Otomatis pendapatan tempat wisata akan berkurang," kata dia.

Baca juga: Pandemi Covid, Perajin Bakpia Jogja Buat Berbagai Varian Rasa Baru

Pihaknya masih akan memantau pergerakan wisatawan, apakah mereka akan takut berkunjung ke Yogyakarta yang PPKM Level 4.

"Coba weekend ramai tidak. Kalau weekend tetap ramai, level itu tidak pengaruh dengan kekhawatiran ini yang harus jadi pelajaran kita. Kalau begitu, strategi pemerintah harus berubah," tutur dia.

PPKM Level 4 di Yogyakarta

Sementara itu dalam Intruksi Gubernur No 9/INSTR/2022 yang ditandatangani langsung Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, poin ke-9 menjelaskan PPKM dilakukan dengan menerapkan kegiatan sebagai berikut:

a. Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK 01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19);

Kepala BNPB Suharyanto saat membagikan masker kepada masyarakat di Malioboro, Minggu (27/2/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Kepala BNPB Suharyanto saat membagikan masker kepada masyarakat di Malioboro, Minggu (27/2/2022)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+