Kompas.com - 08/03/2022, 12:47 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh wisatawan mancanegara (wisman) telah menggunakan Visa on Arrival (VoA) khusus wisata pada hari pertama penerapannya di Bali, pada Senin (7/3/2022).

"Sampai penerbangan terakhir hari ini, total sudah ada tujuh WNA (warga negara asing) yang menggunakan VoA dengan rincian penumpang SQ938 sejumlah satu penumpang dan penumpang TR288 sejumlah enam penumpang," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM, Jamaruli Manihuruk, dikutip dari Antara, Senin.

Baca juga:

Dilaporkan Kompas.com, Sabtu (5/3/2022), VoA berlaku untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari 23 negara, yaitu Australia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Qatar, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Italia, Selandia Baru, dan Turki.

Kemudian, termasuk pula Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darusalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Filipina. 

Ilustrasi BaliUnsplash/Jeremy Bishop Ilustrasi Bali

Kendati demikian, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) waktu itu, Kurleni Ukar, mengatakan bahwa jumlah negara asal tersebut bisa berubah.

"Nanti (daftar negara) akan dievaluasi setelah berjalan. Bisa berkurang atau bertambah," katanya, dilansir dari Kompas.com, Sabtu.

Baca juga:

Adapun VoA khusus wisata berbeda dengan visa kunjungan wisata, beberapa di antaranya dari lama waktu tinggal dan syarat pengajuan. 

Beberapa syarat pengajuan VoA khusus wisata, di antaranya paspor yang berlaku minimal selama enam bulan, serta tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.