Kompas.com - 14/03/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Menghabiskan libutan dua hari satu malam di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentunya sangat menyenangkan. Banyak obyek wisata yang bisa kamu jelajahi.

Berikut rekomendasi rencana perjalanan (itinerary) wisata selama dua hari satu malam di Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul dan menikmati suasana kota Yogyakarta.

Baca juga: Trip Yogyakarta 1 Hari, Akhiri dengan Menikmati Sunset

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Tutup Sementara Akibat Erupsi Merapi

Tak lupa, wisatawan bisa mendatangi lokasi-lokasi bersejarah di Yogyakarta serta membeli oleh-oleh khas.

Hari pertama di Yogyakarta

Berikut ini adalah itinerary hari pertama di Yogyakarta:

1. Sarapan Gudeg Yu Djum

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Kota Gudeg tanpa mencicipi gudeg. Salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum, seperti dikutip Kompas.com (15/8/2015).

Gudeg kering Yu Djum, rasanya gurih dan tidak terlalu manis di lidah para turis.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Gudeg kering Yu Djum, rasanya gurih dan tidak terlalu manis di lidah para turis.

Lokasinya berada di Jalan Wijilan Nomor 167 Selatan Plengkung, Wijilan, Yogyakarta. Keistimewaan Gudeg Yu Djum adalah bahan baku gori (nangka muda) yang berasal dari daerah Prembun.

Sebab, gori asal Prembun itu tidak mudah lumat, meski dimasak dalam waktu lama, berbeda dengan gori dari daerah lain. Oleh sebab itu, jenis gori ini sangat pas untuk memasak gudeg.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.