Kompas.com - 15/03/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Hitungan hari jelang pagelaran akbar Pertamina Grand Prix of Indonesia, atau MotoGP Mandalika 2022, seluruh kamar hotel di kawasan Mandalika dilaporkan sudah terisi penuh.

Sebagai alternatif, disediakan pula sebanyak 1.300 kamar tenda di area camping ground yang lokasinya tidak jauh dari venue Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Informasi ketersediaan kamar tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu.

Baca juga: Patung Jokowi Naik Motor Tiba di Mandalika, Dipasang di Mana?

"Dapat kami sampaikan secara singkat masih tersedia sekitar 6.492 kamar di Lombok. Mandalika dipastikan 100 persen sudah terisi, kalau pun masih ada, khusus Mandalika yang belum terisi adalah camping ground sekitar 1.300 kamar," kata dia dalam Weekly Press Briefing (WPB) Kemenparekraf, Senin (14/3/2022).

Ia mengajak para penonton, khususnya dari kalangan milenial dan yang datang dengan cara touring untuk menginap di camping ground karena jaraknya dari Sirkuit Mandalika.

"Jangan khawatir, di sekitar Mandalika masih ada akomodasi yang bisa menampung teman-teman milenial ataupun yang touring, yang disediakan Bobobox dan Eiger," ujar Vinsensius.

Harga camping ground untuk MotoGP Mandalika

Sementara harga yang ditawarkan untuk camping ground ini berkisar mulai Rp 250.000 sampai dengan Rp 1 juta.

Harga ini telah disesuaikan dengan Pergub NTB Nomor 9 tahun 2022 mengenai batas atas dan batas bawah kamar penginapan.

Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.

"Saya kira ini harga yang affordable bagi milenial dan juga yang menonton dengan sistem touring," tutur Vinsensius.

Menariknya, kebutuhan akan makanan dan minuman penonton MotoGP pun turut menjadi perhatian Kemenparekraf.

Pada 13 Maret 2022 lalu, Kemenparekraf telah memberangkatkan food truck ke Mandalika untuk menyuplai makanan dan minuman sekaligus mempromosikan kuliner khas Nusantara dalam ajang MotoGP.

Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika 2022, Bisa Nginap Gratis di Hotel Apung

“Kami juga bekerja sama dengan Bango untuk membawa sekitar 30 UMKM dari seluruh Indonesia, yang sebagian besar merupakan UMKM lokal Lombok,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Neil El Himam dalam sesi WPB tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.