Kompas.com - 18/03/2022, 12:33 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terpukul oleh pandemi Covid-19. Bisnis perhotelan juga ikut merasakan dampaknya.

Salah satunya adalah Marc Hotel Trawangan yang berlokasi di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga:

General Manager Marc Hotel Trawangan, Asep Solihin mengaku, selama pandemi hunian atau okupansi hotelnya terjun bebas.

Jika biasanya okupansi per bulan mencapai angka 60 persen untuk di low season dan 95 persen di high season, sejak pandemi okupansi secara keseluruhan turun 90 persen.

"Memang betul-betul jatuh, jatuh sekali malah bisnis kami. 90 persenan lah," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Marc Hotel, Kamis (17/03/2022).

Asep mengaku, bukan Marc Hotel saja yang mengalaminya, melainkan hampir semua hotel di Kepulauan Gili, mulai dari Gili Trawangan, Gili Meno, hingga Gili Air.

Baca juga:

Asep menuturkan, selama empat bulan sejak awal pandemi, April-Juli, semua perhotelan di kawasan tersebht tutup lantaran akses ke Kepulauan Gili ditutup oleh pemerintah.

Kemudian, akses kembali dibuka pada Agustus dan para wisatawan mulai kembali berkunjung.

"Waktu akses sudah mulai dibuka, ya pasti belum langsung banyak. Di kami hanya 12 kamar yang terisi selama sebulan," ungkap Asep.

Padahal, lanjut dia, sebelum pandemi kunjungan biasanya mencapai sekitar 1.600 orang. Bahkan, angka 1.000 pengunjung per bulan sebelumnya dianggap sudah sedikit.

"Jadi, ya dilogikakan saja yang 1.000 pengunjung itu tergolong sepi lho untuk kami, bagaimana yang hanya 12 kamar yang terisi selama sebulan? Memang separah itu," kata Asep.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.