Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Pas Ucapkan Selamat Hari Paskah, Ini Jawabannya

Kompas.com - 14/04/2022, 15:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umat Katolik dan Kristen akan memperingati Hari Kebangkitan Yesus Kristus dengan merayakan Paskah pada Minggu (17/4/2022) besok.

Setelah beribadah, biasanya akan ada aktivitas menghias dan mencari telur Paskah yang telah dilakukan turun-temurun sejak dulu.

Tak hanya itu, umat juga akan saling berkirim pesan, mengucapkan selamat Paskah kepada orang-orang terkasih, kerabat, dan keluarga.

Baca juga: 42 Ucapan Selamat Paskah untuk Kerabat dan Saudara Terkasih

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat Hari Paskah?

Waktu yang tepat mengucapkan Selamat Paskah

Sebagaimana disampaikan oleh Uskup Agung Jakarta sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Ignatius Suharyo atau Romo Suharyo, umat Katolik merayakan Paskah sejak "malam Paskah", yang jatuh pada Sabtu sore atau malam, dengan upacara meriah.

Ilustrasi dekorasi paskah, dekorasi dengan telur paskah. FREEPIK/PVPRODUCTIONS Ilustrasi dekorasi paskah, dekorasi dengan telur paskah.

"Dari Sabtu sore ke malam, itu Malam Paskah, bukan "Paskah Malam". Akan ada acara meriah di Malam Paskah. Sesudah itu, biasanya orang Katolik saling mengucapkan Selamat Paskah," tutur dia.

Paskah sendiri masih dirayakan sebagai Hari Paskah sepanjang hari Minggu, baik subuh, siang, hingga malam. Periode ini masih disebut sebagai Masa Paskah yang berlangsung selama 40 hari ke depan.

Baca juga: Sejarah Kenapa Perayaan Paskah Identik dengan Telur, Ini Ceritanya

Sedangkan untuk umat Kristen, biasanya mereka akan saling mengucapkan Selamat Hari Paskah, sejak Minggu Subuh yang menjadi Hari Kebangkitan Yesus Kristus, hingga beberapa minggu berikutnya.

"Waktu paling tepat adalah sejak Minggu subuh, Hari Paskah. Menurut kalender gerejawi, masa Paskah itu ada 7 minggu. Namun ini kurang kuat dalam tradisi gereja," terang Pendeta Gomar Gultom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com