Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2022, 12:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Taman Tebet atau Tebet Eco Park, Sabtu (23/04/2022).

Dengan begitu, masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya yang penasaran kapan Tebet Eco Park buka, kini sudah bisa berkunjung ke taman yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan itu.

Baca juga: Tebet Eco Park Segera Diresmikan, Bisa Coba Sederet Akitivitas Ini

Mengutip Kompas.com, Minggu (24/04/2022), peresmian taman yang telah selesai direvitalisasi ini merupakan momentum menyambut kembalinya manusia dalam ekosistem alam di kota urban, seperti Jakarta.

"Oleh karena itu, tanggung jawab kita sekarang adalah menjadi warga urban yang bertanggung jawab, yang mengembalikan alam menjadi sehat dan membuat hubungan antara manusia dengan alam menjadi hubungan yang sehat," kata Anies, Sabtu.

Menurut Anies, seperti dikutip Antara, taman yang berdiri di atas lahan seluas 7 hektare ini akan dipergunakan sebagai lokasi retensi atau penampungan air, termasuk banjir yang kerap terjadi di kawasan sekitarnya.

Itu tak lepas dari konsep "eco park" yang menghadirkan konsep pemulihan ekosistem dan naturalisasi ruang terbuka hijau dan biru, serta menyediakan fasilitas taman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.

"Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan dan konsepnya natural. Ketika musim kering akan surut," ujar Anies di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, seperti dikutip Antara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan untuk umum Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4/2022).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan untuk umum Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4/2022).

Aliran sungai di sekitar Tebet kemudian akan dialirkan menuju sejumlah kolam air di Tebet Eco Park, sehingga fungsinya sebagai penyerapan air akan efektif.

Baca juga:

Di samping itu, Tebet Eco Park juga menggunakan vegetasi dan tanggul alami, serta teknik soil bioengineering di saluran air yang ada di dalam tanah.

Konsep itu, kata Anies, berfungsi untuk membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan.

Dengan begitu, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan.

Tebet Eco Parkdokumentasi Tebet Eco Park Tebet Eco Park

Adapun Tebet Eco Park menambah jumlah revitalisasi taman di Jakarta. Kini, sudah lebih dari 90 taman yang memiliki konsep taman bermain.

Baca juga:

Dengan berbagai fungsinya tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap, Tebet Eco Park mampu menjadi contoh bagi taman-taman lain di DKI Jakarta, baik dari konsep, fungsi, maupun keterlibatan masyarakatnya.

"Membangun taman ini bersama dengan berbagai komunitas, nanti perawatan, pemanfaatan juga bersama dengan komunitas," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com