Kompas.com - 25/04/2022, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Kota Semarang, Jawa Tengah punya sederet wisata unggulan, sehingga pas dikunjungi saat mudik atau singgah di sana.

Adapun Kota semarang punya banyak bangunan bersejarah yang bisa diakses dengan mudah dari pusat kotanya. Kulinernya pun tak kalah lezat.

Yuk simak rekomendasi itinerary yang bisa kamu kunjungi jika bertandang satu hari saja ke Kota Lunpia ini.

Wisata religi di Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini kabarnya merupakan masjid terbesar sekaligus termegah yang menjadi ikon kebanggaan Provinsi Jawa Tengah. Arsitektur khas perpaduan Timur Tengah, Jawa, dan Yunani menyatu di setiap sudut bangunan.

Terdapat 25 tiang pada gerbang masjid. Melansir Kompas.com, Senin (7/3/2022), jumlah ini disebut melambangkan 25 jumlah nabi dan rasul Allah.

Pelataran Masjid Agung Jawa Tengah malam hariKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Pelataran Masjid Agung Jawa Tengah malam hari

Bagian plaza di lantai dua berukuran sangat luas, sekitar 7.500 meter persegi dan dilengkapi 6 payung raksasa yang dapat dibuka tutup secara otomatis, menyerupai payung di Masjid Nabawi Madinah.

Baca juga: 4 Persiapan Saat Hendak Berkendara Jakarta-Semarang Naik Mobil via Tol

Menariknya, di dalam Masjid Agung Jawa Tengah, pengunjung bisa melihat sebuah Al-Quran Raksasa hasil karya santri pondok Pesantren Al-Asy’ariyah Kalibeber, Wonosobo.

Menikmati kopi akulturasi di Tekodeko Koffiehuis

Berjarak sepuluh menit dari Masjid Agung Jawa Tengah, kamu bisa mengunjungi kedai kopi unik dengan arsitektur khas bangunan cagar budaya tahun 1800-an, yakni Tekodeko Koffiehuis yang masih berada di kawasan Kota Lama, Semarang.

Ilustrasi cangkir kopi, mug kopi. PIXABAY/ALEHANDRA13 Ilustrasi cangkir kopi, mug kopi.

Kedai kopi ini menyajikan lima jenis kopi akulturasi unggulan yang melambangkan Kota Semarang, seperti Kopi Gendhis yang berarti kopi manis dalam bahasa Jawa.

Kemudian, ada Kopi Cheng Li dengan perpaduan kopi, teh, dan susu khas masyarakat Tionghoa, Kopi Londo dengan Speculaas (biskuit khas Belanda), Kopi Kota Lama yang diseduh dengan metode tubruk, hingga Kopi Arab yang kuat dengan cita rasa rempah-rempahnya.

Baca juga: Sawah Lukis di Bergas Lor Kabupaten Semarang, Ada Gambar Ganjar Pranowo

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.