Kompas.com - 04/05/2022, 07:03 WIB
River Tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS), Desa Golo Loni, Kec.Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Selasa, (3/5/2022). DOK DISPAR MANGGARAI TIMUR-ALBERTUS JEHAMINRiver Tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS), Desa Golo Loni, Kec.Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Selasa, (3/5/2022).

BORONG, KOMPAS.com - River Tubing di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai aktivitas pemacu adrenalin.

Jika kamu salah satunya, menjajal aktivitas river tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin di Danau Ranamese bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 5 Air Terjun Unik di Manggarai Timur NTT, Ada yang Punya Sarang Walet

Adapun "Ranamese" mengandung arti tersendiri. Rana artinya kolam atau danau, sementara mese berarti besar.

Itulah mengapa Ranamese digunakan untuk mengebut danau terbesar di Manggarai Timur itu.

Untuk menjajalnya, wisatawan perlu mampir ke kawasan Desa Wisata Golo Loni.

Desa Golo Loni secara geografis berada dekat dengan Taman Wisata Alam Ranamese, yang merupakan wilayah konservasi sumber daya alam dengan potensi wisata yang cukup menjanjikan.

Seperti namanya wae dingin air sungai terasa sejuk dan dingin saat menyentuh kulit. Sambil merasakan sejuknya air, wisatawan bisa menikmati alam yang asri dengan suara-suara burung endemik Flores bersahutan.

Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin mengatakan, wisata river tubing tersebut sedang dipromosikan secara lebih luas.

"Aliran air sungai dengan debit yang cukup stabil membuka peluang untuk pemanfaatan wahana wisata tirta, seperti river tubing," kata Albertus melalui pesan elektronik kepada Kompas.com, Selasa (03/05/2022).

Baca juga:

Adapun river tubing adalah atraksi wisata air yang dilakukan di medan sungai, aliran irigasi, dan sungai yang mengalir di dalam goa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.