Kompas.com - 11/05/2022, 21:23 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung menutup sementara Taman Alun-alun Kota Bandung, sejak Jumat (06/05/2022).

Seperti diumumkan melalui Instagram @humas_bandung, penutupan dilakukan karena beberapa waktu lalu terjadi kerumunan dan sampah berserakan di area taman.

Baca juga: Mengapa Liburan Terasa Cepat Berlalu? Ini Penjelasannya 

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Darmawan.

"Waktu libur lebaran itu pengunjung banyak, ditambah sampah berserakan. Maka kami tutup sementara," ujar Dadang di sela peresmian ruang terbuka publik di Itenas, Bandung, Rabu (11/05/2022), seperti dikutip Kompas.com dari Tribun Jabar.

Adapun Alun-alun Bandung memang menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, terutama jika mencari tempat liburan hemat yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika, Bandung, dekat dengan sejumlah destinasi populer lain, seperti Jalan Braga, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Pendopo Kota Bandung.

Baca juga:

Belum diketahui kapan Alun-alun Bandung dibuka kembali.

Menurut Dadang, secara aturan, baik Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) maupun Keputusan Wali Kota, tempat itu sebetulnya sudah diperbolehkan buka.

"Memang berdasarkan aturan taman itu sudah boleh dibuka, termasuk alun-alun. Catatannya, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, termasuk tidak boleh berkerumun," ucapnya.

Warga bermain di Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Pemerintah Kota Bandung kembali membuka sejumlah taman di masa PPKM level II dengan membatasi jam kunjungan hanya selama dua jam dan syarat wajib menunjukkan bukti vaksin serta kapasitas pengunjung hanya 25 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI Warga bermain di Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Pemerintah Kota Bandung kembali membuka sejumlah taman di masa PPKM level II dengan membatasi jam kunjungan hanya selama dua jam dan syarat wajib menunjukkan bukti vaksin serta kapasitas pengunjung hanya 25 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.

Ia menambahkan, pembukaan kembali Alun-alun Bandung bersifat kondisional, tergantung sejumlah faktor seperti salah satunya jika jumlah pengunjung yang datang bisa dikendalikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.