Kompas.com - 24/05/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Menikmati kota Jakarta bisa dilakukan dengan cara berbeda. Setelah kembali beroperasi mulai Sabtu (14/5/2022), masyarakat bisa berkeliling dan melihat pemandangan Ibu Kota dari dalam bus wisata tingkat Jakarta.

Sebagai informasi, Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer merupakan bus tingkat gratis yang dikelola oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak tahun 2014.

Bus Wisata Jakarta ini beroperasi dengan melewati berbagai ikon maupun landmark yang ada di Ibu Kota, secara gratis tanpa dikenakan biaya apapun.

Baca juga: Kembali Beroperasi, Ini Jadwal dan Rute Bus Wisata Gratis Transjakarta

Adapun untuk saat ini hingga waktu yang belum ditentukan, Bus Wisata Jakarta baru kembali melayani dua rute yakni BW 2 (Jakarta Baru) dan BW 4 (Pencakar Langit), setiap pukul 10.00 WIB - 18.00 WIB. 

Pengalaman pertama menjajal bus tingkat wisata Jakarta

Pada Minggu (22/5/2022) lalu, Kompas.com mencoba keliling Jakarta naik Bus Wisata rute BW4 Pencakar Langit. 

Sekitar pukul 17.00 WIB, bus BW4 berangkat dari halte IRTI Monas. Penumpang yang ingin naik bisa mengantre untuk mendapatkan kertas bertuliskan "tiket gratis", yang dibagikan oleh seorang kondektur sekaligus pemandu wisata di depan pintu masuk bus. 

Sebelum naik bus wisata Jakarta, penumpang akan diberikan tiket gratis oleh kondektur. KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Sebelum naik bus wisata Jakarta, penumpang akan diberikan tiket gratis oleh kondektur.

Suasana nyaman dan udara dingin langsung terasa saat menginjakkan kaki ke dalam bus ini. Ketika masuk, terlihat sekitar 11 kursi penumpang di area bawah bus tingkat.

Jika ingin melihat pemandangan kota dari ketinggian, di sebelah kanan bus terdapat tangga yang bisa dinaiki untuk menuju atas. Kursi area atas menjadi favorit, karena sebagian besar penumpang memadati kursi di atas. 

Baca juga: Bus Wisata BW3 Gratis di Jakarta, Mengenalkan Seni dan Kuliner

Meski ramai, penumpang tidak perlu takut kepanasan karena bus ini memiliki fasilitas AC yang memadai. Ada juga layar LCD di bagian depan bus, meski saat itu tidak menyala.

Bus ini pun mulai bergerak dari IRTI Monas, dan akan berhenti di setiap rute pemberhentian yang telah ditentukan.

Sejauh pemantauan Kompas.com, bus ini dilengkapi oleh seorang pengemudi dan seorang pemandu wisata yang sekaligus menjadi kondektur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.