Kompas.com - 23/05/2022, 18:52 WIB

KOMPAS.com - Tempat wisata Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman ini berada di dalam satu kawasan dan juga pengelolaan Jiwa Jawa Resort Ijen. 

Baca juga: Taman Gandrung Terakota, Taman Unik Tempat 1.000 Penari di Banyuwangi

Menurut Front Office Jiwa Jawa Resort, Mayang, perjalanan menuju kawasan Taman Gandrung Terakota dapat dilalui dengan kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat.

"Biasanya tamu-tamu yang datang ke sini memakai kendaraan pribadi, hiAce atau elf masih bisa. Kecuali bus atau mini bus ya," ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/05/2022).

Khusus untuk bus yang tidak bisa masuk ke area parkir di Taman Gandrung dapat berhenti di rest area Tamansari. 

"Bus tidak bisa masuk ke area parkir Taman Gandrung. Jadi biasanya kami bantu shuttle bus, ada tambahan biaya Rp 10.000 per orang," imbuhnya. 

Rute menuju Taman Gandrung Terakota

Festival Lembah Ijen digelar di Taman Gandrung Terakota yang berada di bawah kaki gunung Ijen BanyuwangiHumas Pemkab Banyuwangi Festival Lembah Ijen digelar di Taman Gandrung Terakota yang berada di bawah kaki gunung Ijen Banyuwangi

Menurut Google Maps, jika berangkat dari Banyuwangi Kota, kamu bisa mulai perjalanan dari Jalan Nasional III menuju Jalan Penataran. Setelah belok kanan ke Jalan Penataran, belok kiri ke Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Melewati bundaran, terus lurus di Jalan HOS Cokroaminoto, lalu belok kiri ke Jalan Widuri. Kemudian, belok kiri lagi menuju Jalan Banjarsari. Setelah 400 meter, belok kanan ke Jalan Raya Lijen.

Sekitar 9 kilometer, belok kanan ke Jalan Tamansari. Belok kanan lagi untuk tetap di Jalan Tamansari, lalu 700 meter di depan sudah terlihat Taman Gandrung Terakota.

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

"Jadi nanti setelah di desa Tamansari, ada gapura Taman Gandrung Terakota, tinggal masuk aja nanti ada petunjuk," pungkas Mayang.

Adapun jarak tempuh dari Banyuwangi kota menuju Taman Gandrung Terakota adalah sekitar 17 kilometer (km), dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan sekitar 35 menit.

Sementara, jarak dari Bandara Blimbingsari atau Bandara Internasional Banyuwangi ke Taman Gandrung, sekitar 25 km dengan waktu tempuh hampir satu jam.

Baca juga: 4 Wisata Banyuwangi dengan Nuansa KKN di Desa Penari 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.