Kompas.com - 23/05/2022, 16:43 WIB

KOMPAS.com – Destinasi wisata Plunyon Kalikuning belakangan banyak dibincankan karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.

Spot yang terlihat estetik dan menjadi daya tarik utama di Plunyon Kalikuning adalah Jembatan Plunyon dengan panorama perbukitan dan hutan pinusnya yang indah.

Baca juga: Mampir ke Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha Balai TN Gunung Merapi Akhmadi menyebutkan bahwa wisata ini punya keunikan yang jarang diketahui oleh wisatawan. 

“Keunikan Plunyon Kalikuning adalah adanya aliran air yang di atasnya dibangun sebuah jembatan,” jelas Akhmadi kepada Kompas.com, Minggu (22/05/2022).

Menurutnya, banyak yang belum tahu dan mengira itu adalah jembatan biasa. Padahal, aliran air di bawahnya hingga saat ini masih aktif digunakan untuk irigasi.

Saat cuaca cerah dan tak ada kabut yang menyelimuti, keindahan Gunung Merapi akan terpampang jelas dari atas jembatan. 

Baca juga: Harga Tiket Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Lokasi dan Rute Plunyon Kalikuning

Wisatawan saat berjalan kaki di Jembatan Plunyon menikmati pemandangan dan suasana alamKOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Wisatawan saat berjalan kaki di Jembatan Plunyon menikmati pemandangan dan suasana alam

Lokasi Plunyon Kalikuning masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), tepatnya di Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Dari kota Yogyakarta, waktu tempuhnya sekitar 50 menit jika naik kendaraan, dengan jarak kurang lebih 24 kilometer (km), dikutip situs Badan Otorita Borobudur Kemenparekraf.

Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta yakni Malioboro, kamu bisa langsung mengarah ke Jalan Kaliurang.

Adapun rute lengkapnya menurut Google Maps, jalan dari Malioboro ke arah selatan menuju Jalan Perwakilan.

Setelah melewati Hasian Malioboro Motel, belok kiri ke Jalan Mataram. Kemudian belok kanan menuju Jalan Abu Bakar Ali. Sekitar 550 meter, belok kiri ke Jalan Yos Sudarso.

Baca juga: Aktivitas di Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Selanjutnya, gunakan jalur tengah untuk belok sedikit ke kanan menuju Jalan Faridan Muridan Noto. Lalu, belok kiri menuju Jalan Suroto. Setelah sekitar 1,2 kilometer (km), ambil jalan keluar pertama di putaran menuju Jalan Terban.

Setelah melewati KFC di sebelah kanan, langsung saja belok kanan menuju Jalan Persatuan. Kemudian, lurus terus untuk tetap berada di Jalan Kaliurang.

Dari Kaliurang, terus naik hingga belokan ke kiri ke arah Lavatour atau Umbulharjo, lalu belok kiri setelah sampai sekitar 100 meter dari pos tersebut.

Baca juga: 4 Wisata Banyuwangi dengan Nuansa KKN di Desa Penari 

Selanjutnya, kamu akan menemukan pertigaan dengan pohon beringin kecil. Lalu, belok kanan dan terus lurus sampai mentok di lokasi tujuan yakni Jembatan Plunyon.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.