Kompas.com - 23/05/2022, 07:06 WIB

KOMPAS.com – Film KKN di Desa Penari tidak hanya berhasil menggaet masyarakat untuk menonton di bioskop, tapi juga mengunjungi sejumlah lokasi syutingnya. Salah satunya adalah Plunyon Kalikuning

Wisata Plunyon Kalikuning terletak di Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi wisata tersebut masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). 

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha Balai TN Gunung Merapi Akhmadi mengatakan, keunikan Plunyon Kalikuning adalah adanya aliran air yang di atasnya dibangun sebuah jembatan. 

Jembatan tersebut cukup menarik karena, jika dijadikan latar berfoto, menawarkan pemandangan perbukitan. 

Baca juga: 

Jika wisatawan datang saat cuaca cerah, mereka bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dari jembatan.

“Banyak yang belum tahu, mengiranya adalah jebatan biasa, padahal sampai saat ini masih aktif sebagai aliran air untuk irigasi,” jelas Akhmadi kepada Kompas.com, Minggu (22/5/2022). 

Pintu gerbang destinasi wisata alam Plunyon Kalikuning di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten SlemanKOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Pintu gerbang destinasi wisata alam Plunyon Kalikuning di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

“Di mana mata air ini digunakan sebagian besar untuk warga Sleman, bahkan sampai di wilayah Keraton Yogya,” tambahnya.

“Sumber ini sarat cerita rakyat kaitanya dengan airnya yang tidak pernah kering, bahkan di musim kemarau debitnya lebih besar,” imbuhnya.

Akhmadi mengatakan, tempat wisata ini juga punya jalur menuju ke Sumber Air Umbul Temanten. Jadi, tidak sedikit wisatawan yang gemar trekking ke tempat tersebut. 

Baca juga: Wisata ke Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.