Kompas.com - 21/05/2022, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Film horor KKN di Desa Penari berhasil menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan, film yang berangkat dari utas Twitter pada 2019 ini, sudah ditonton oleh tujuh juta orang. 

Selain tertarik dengan kisahnya, masyarakat juga penasaran dengan lokasi asli KKN di Desa Penari. Netizen di media sosial banyak mengaitkan lokasi asli KKN di Desa Penari dengan sebuah desa di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Namun, tidak ada konfirmasi dari sang penulis, yakni akun Twitter @SimpleM81378523, atau SimpleMan.

Terlepas dari kebenaran lokasi asli KKN di Desa Penari, Kabupaten Banyuwangi ternyata memiliki sejumlah tempat wisata yang memiliki vibe atau atmosfer serupa dengan cerita horor itu.

Baca juga: Taman Gandrung Terakota, Taman Unik Tempat 1.000 Penari di Banyuwangi

Baca juga: Wisata ke Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Berikut tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur yang mempunyai nuansa serupa dengan lokasi KKN di Desa Penari, seperti dikutip dari Instagram @banyuwangi_tourism.

Meski begitu, beberapa tempat wisata ini tidak dikonfirmasi sebagai lokasi asli KKN di Desa Penari:

1. Taman Nasional Alas Purwo

Seperti diketahui, KKN di Desa Penari menceritakan kejadian mistis yang menimpa enam mahasiswa saat kuliah kerja nyata (KKN) di desa terpencil.

Untuk menjangkau lokasi desa yang sangat terpencil, rombongan mahasiswa tersebut harus menempuh perjalanan melewati hutan. 

Nah, salah satu wisata di Banyuwangi yang mempunyai vibe serupa dengan kisah tersebut adalah Taman Nasional (TN) Alas Purwo. 

Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas PurwoArsip Humas Pemkab Banyuwangi Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo

Mengutip Kompas.com (19/1/2021), Alas Purwo merupakan salah satu wisata unggulan Banyuwangi. Lokasinya berada di ujung tenggara Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.