Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 10:11 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film horor KKN di Desa Penari berhasil menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan, film yang berangkat dari utas Twitter pada 2019 ini, sudah ditonton oleh tujuh juta orang. 

Selain tertarik dengan kisahnya, masyarakat juga penasaran dengan lokasi asli KKN di Desa Penari. Netizen di media sosial banyak mengaitkan lokasi asli KKN di Desa Penari dengan sebuah desa di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Namun, tidak ada konfirmasi dari sang penulis, yakni akun Twitter @SimpleM81378523, atau SimpleMan.

Terlepas dari kebenaran lokasi asli KKN di Desa Penari, Kabupaten Banyuwangi ternyata memiliki sejumlah tempat wisata yang memiliki vibe atau atmosfer serupa dengan cerita horor itu.

Baca juga: Taman Gandrung Terakota, Taman Unik Tempat 1.000 Penari di Banyuwangi

Baca juga: Wisata ke Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Berikut tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur yang mempunyai nuansa serupa dengan lokasi KKN di Desa Penari, seperti dikutip dari Instagram @banyuwangi_tourism.

Meski begitu, beberapa tempat wisata ini tidak dikonfirmasi sebagai lokasi asli KKN di Desa Penari:

1. Taman Nasional Alas Purwo

Seperti diketahui, KKN di Desa Penari menceritakan kejadian mistis yang menimpa enam mahasiswa saat kuliah kerja nyata (KKN) di desa terpencil.

Untuk menjangkau lokasi desa yang sangat terpencil, rombongan mahasiswa tersebut harus menempuh perjalanan melewati hutan. 

Nah, salah satu wisata di Banyuwangi yang mempunyai vibe serupa dengan kisah tersebut adalah Taman Nasional (TN) Alas Purwo. 

Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas PurwoArsip Humas Pemkab Banyuwangi Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo

Mengutip Kompas.com (19/1/2021), Alas Purwo merupakan salah satu wisata unggulan Banyuwangi. Lokasinya berada di ujung tenggara Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Tempat ini identik sebagai tempat angker, mistis, dan penuh misteri. Pasalnya, konon kawasan ini diyakini merupakan tanah tertua Pulau Jawa, serta memiliki luas mencapai 44.037 hektar.

Saat melewati Alas Purwo, pengunjung akan disuguhi pemandangan pohon-pohon tinggi yang berjajar di sisi kiri dan kanan jalan. 

Baca juga: TN Alas Purwo Buka Lagi untuk Wisatawan Berusia di Atas 12 Tahun

Terlepas dari mitos yang melekat, geopark nasional ini mempunyai banyak kawasan wisata menarik. Mulai dari kawasan sabana, situs bersejarah, wisata budaya, hutan bakau, goa kuno, dan barisan pantai. 

Alas Purwo juga mempunyai sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang menghuni hutan ini.

2. Rowo Bayu

Telaga Rowo Bayu diduga sebagai lokasi asli dari kisah KKN di Desa Penari. Rowo Bayu merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi, tepatnya di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com