Kompas.com - 22/05/2022, 20:07 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Menyusuri perbukitan Flores sambil menyaksikan hamparan sawah terasering yang memesona bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas ketika kamu mengunjungi Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sawah terasering yang Instagramable itu tersebar di berbagai wilayah sepanjang Jalan Trans Flores, mulai dari Larantuka (ibu kota Kabupaten Flores Timur) sampai Labuan Bajo (ibu kota Kabupaten Manggarai Barat).

Baca juga: Melihat Indahnya Sunrise di Pantai Meko, Flores Timur

Terasering atau sawah berundak itu dibentuk sesuai topografi daerah yang berbukit-bukit.

Catatan Kompas.com, beberapa sawah terasering yang dapat didatangi antara lain persawahan Lembor di Kecamatan Lembor, persawahan uma Lewe di Desa Wajur, Kecamatan Kuwus Barat, dan persawahan Gololoni di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese.

Ada pula persawahan Ruteng di Kecamatan Ruteng dan Langke Rembong, persawahan Ratung di Kecamatan Borong, persawahan perbukitan terasering Taga di Desa Golo Nderu, serta perbukitan terasering Deruk-Mamba di Kecamatan Elar Selatan.

Masih banyak lagi titik persawahan terasering yang dapat kamu hampiri saat jalan-jalan ke Flores.

Baca juga: Wisata di Hutan Enau Flores Barat NTT, Belajar Manfaat Aren

Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur terkenal dengan areal persawahan Terasering dikerjakan para petani. Satu dari sekian persawahan terasering itu adalah Sawah Terasering Ratung di Kecamatan Borong, Minggu, (22/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur terkenal dengan areal persawahan Terasering dikerjakan para petani. Satu dari sekian persawahan terasering itu adalah Sawah Terasering Ratung di Kecamatan Borong, Minggu, (22/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Albertus Nandul adalah warga Manggarai Timur yang pernab mengelilingi Manggarai Timur dan wilayah Barat dari Pulau Flores, NTT.

Ia mengaku tak pernah bosan menjelajagi pelosok Manggarai Timur dan bagian barat Pulau Flores karena panorama alamnya yang indah, terutama sawah teraseringnya yang berundak rapi.

Baca juga: Jelajah Surga Wisata Air Terjun di Flores Barat NTT, Ada Cerita Mistis

"Saya berterima kepada alam semesta di bumi Flores karena petani memiliki kemampuan mencetak sawah berbentuk terasering dengan topografi berbukit-bukit. Ini juga menjadi spot wisata alam di Pulau Flores," katanya kepada Kompas.com, Minggu (22/05/2022).

Sementara itu, Guru SMAN 3 Borong, Wilibrodus Barus menyebutkan, salah satu paket wisata di Flores Barat yakni menyusuri areal persawahan terasering dan persawahan Lodok di Pulau Flores.

"Sebelum pandemi Covid-19, hamparan persawahan terasering dijadikan spot wisata untuk jalan-jalan di pematang sawah sambil mempelajari cara petani Pulau Flores dalam mencetak areal persawahan," ungkapnya, Minggu.

Baca juga: Kawasan Moni di Flores Dikembangkan Jadi Desa Wisata yang Mandiri

Barus berharap penataan dan promosi semakin gencar agar destinasi sawah terasering semakin diminati wisatawan Mancanegara dan Nusantara.

"Sawah terasering di Pulau Flores sangat luar biasa. Penataan dan promosi harus semakin gencar dilakukan di era digital saat ini," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.