Kompas.com - 23/05/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Alas Purwo merupakan kawasan pelestarian dan konservasi alam yang terletak di ujung timur Pulau Jawa.

Secara administratif, Alas Purwo masuk wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Alas Purwo kerap dikaitkan dengan mistis dan angker oleh sebagian masyarakat. Namun terlepas dari kesan mistis tersebut, Alas Purwo ternyata mempunyai banyak pesona alam. 

Baca juga: TN Alas Purwo Buka Lagi untuk Wisatawan Berusia di Atas 12 Tahun

TN Alas Purwo membentang di atas lahan seluas 43.420 hektar, seperti dikutip dari laman Taman Nasional Alas Purwo

Alas Purwo mempunyai ekosistem hutan yang tergolong utuh. Mulai dari hutan pantai, hutan hujan, dataran rendah, hutan bakau, hutan bambu, sabana buatan, dan hutan tanaman.

Lebih dari 700 jenis flora dan 45 fauna ditemukan di taman nasional ini. Selain itu, banyak obyek wisata di Alas Purwo seperti pantai, habitat penyu, terumbu karang, serta laguna. 

Baca juga: 9 Fasilitas Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi, Sanggar Tari hingga Galeri Seni

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

Jika kamu berkunjung ke ujung timur Pulau Jawa ini, maka sempatkan satu hari untuk menjelajahi keindahan Alas Purwo.

Berikut rencana perjalanan (itinerary) wisata sehari di Alas Purwo, Banyuwangi sesuai dengan rekomendasi Banyuwangi Tourism, yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi:

1. Savana Sadengan

Savana Sadengan merupakan padang gembala atau feeding ground buatan seluas sekitar 80 hektar, seperti dikutip dari laman Taman Nasional Alas Purwo. tempat ini tersebut berupa sabana yang menjadi favorit wisatawan. 

Di area hijau yang terhampar luas itu, pengunjung dapat menemukan aneka mamalia besar, seperti banteng, kijang, dan rusa di alam bebas. 

Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi dari Buku Informasi Balai Taman Nasional Alas Purwo, terdapat menara pandang yang tersedia bagi wisatawan untuk menikmati atraksi satwa yang sedang merumput. 

Waktu pengamatan terbaik adalah pukul 06.00-09.00 dan 15.00-18.00. Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau dua untuk menuju area parkir yang disediakan, sehingga tidak menggangu satwa tersebut. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.