Kompas.com - 25/05/2022, 18:06 WIB

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com -  Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mencatat peningkatan minat warga membuat paspor untuk keperluan wisata, seiring dengan terkendalinya kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Selain itu, syarat perjalanan sudah dilonggarkan dan sejumlah negara juga sudah menerima wisatawan asing. 

Kepala Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Risky, kepada wartawan di Lhokseumawe, Rabu (25/5/2022) mengatakan, setiap hari mereka menerima permohonan pembuatan paspor 100 lembar.

"Peningkatan ini karena sejumlah negara sudah membuka diri untuk menerima wisatawan. Khusus kita, pembuat paspor keperluannya untuk wisata dan umroh,” kata Risky.

Baca juga:

Masjidil HaramShutterstock Masjidil Haram

Meski terjadi peningkatan, sambung Risky, Kantor Imigrasi belum berencana menambah jam dan hari pelayanan. Namun, jika permintaan terus meningkat, tidak tertutup kemungkinan durasi pelayanan akan ditambah.

Untuk permohonan paspor prioritas, lanjutnya, diberikan kepala kelompok rentan, seperti pemohon lanjut usia, ibu hamil, orang sakit, anak berusia di bawah lima tahun, dan pemohon dengan kebutuhan khusus. Pembuatan paspor selesai dalam waktu tiga hari kerja.

“Agar mudah silakan lewat aplikasi M-Paspor. Sehingga bisa menyesuaikan hari dan jadwal sendiri untuk pembuatan paspor di Imigrasi,” sebutnya.

Setelah pengisian data dan pembayaran lewat bank atau kantor pos, barulah warga datang ke kantor Imigrasi untuk pengambilan foto.

“Ini lebih praktis, sehingga tak perlu antre berlama-lama," pungkasnya.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.