Kompas.com - 25/05/2022, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut, persiapan penyelenggaraan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference di Bali pada Juni mendatang dikabarkan sudah mencapai sekitar 80-85 persen, baik ditinjau dari sisi logistik, konten, maupun publikasi.

"AVPN Global Conference sebagai side event Presidensi G20 diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan dampak yang maksimal," tutur Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (23/05/2022).

Baca juga: Keris dari Desa Aeng Tong-tong Jadi Suvenir Side Event G20

Adapun perhelatan AVPN 2022 nanti akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Diharapkan, dengan menggandeng AVPN, semua pemangku kepentingan bisa terhubung dalam satu jaringan yang membuka akses untuk pembiayaan filantropi.

Ini diyakini mampu membantu meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta membuka kepercayaan dunia untuk melaksanakan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia.

Di sisi logistik, Kemenparekraf telah meninjau kesiapan venue, para pemangku kepentingan, target peserta, registrasi, akreditasi dan visa peserta, protokol kesehatan, penerapan Standar Layanan Acara (SLA), penanganan di bandara, informasi dan teknologi, hingga kesiapan anggaran.

Baca juga: Negara G20 Susun Bali Guidelines untuk Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi Global

Mengusung tema Catalysing Action Towards the Asian Decade, AVPN 2022 akan difokuskan pada empat hal penting, yang membahas climate action, kesehatan dan nutrisi, gender, serta peluang ekonomi.

Sedangkan untuk publikasinya, AVPN 2022 akan disebarluaskan melalui situs resmi dan media sosial dari G20, side events G20, Kemenparekraf, dan media sosial AVPN.

Sebagaimana disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno, hingga 17 Maret 2022, telah terkonfirmasi hadir 500 pendaftar dari berbagai negara, dengan 300 lebih pendaftar masih dalam proses kurasi.

Adapun perhelatan AVPN 2022 nanti akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.