Kompas.com - 12/05/2022, 22:12 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 130.000 wisatawan mengunjungi tempat wisata di Aceh saat libur Lebaran 2022, berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh.

"Dari laporan sejumlah destinasi wisata, kami prediksi jumlah pengunjung selama tujuh hari dapat mencapai lebih dari 130.000," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, dikutip dari Antara, Kamis (12/5/2022).

Jumlah tersebut mengacu terhadap manifes wisatawan yang masuk ke beberapa tempat wisata favorit, di antaranya Sabang, Langsa, Pulau Banyak, Pantai Lampuuk, Museum Tsunami, dan Masjid Raya Baiturrahman.

Baca juga:

Selanjutnya ada pula Danau Lut Tawar, Pulau Rubiah, Gunung Salak, Taman Rusa Aceh Besar, Hutan Mangrove Langsa, Pasir Putih Aceh Timur, Pantai Lhok Bubon, Pulau Dua, dan Sigantang Sira. 

Adapun wisatawan memadati tempat wisata tersebut pada periode libur Lebaran, tepatnya 3-8 Mei 2022. 

Pergerakan orang saat mudik dan libur Lebaran 2022, lanjut Jamaluddin, berdampak cukup besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lantaran jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat wisata dan sentra ekonomi di berbagai daerah cukup tinggi. 

Destinasi wisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.SHUTTERSTOCK / hendra gani Destinasi wisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Tingginya jumlah wisatawan tidak lepas dari sejumlah pelonggaran yang diberlakukan pemerintah, khususnya terkait mudik. 

Kendati demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan, mulai dari pengelola tempat wisata sampai wisatawan. 

"Tentunya dengan tingginya (jumlah) wisatawan ini berdampak langsung ke pelaku usaha atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di lokasi destinasi wisata, dan ini beriringan untuk mempercepat pemulihan ekonomi warga," tuturnya. 

Baca juga:

Ia meyakini, jumlah wisatawan ke Aceh akan terus mengalami peningkatan berkat adanya beragam kegiatan yang akan digelar tahun ini.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari 101 Khazanah Piasan Nanggroe 2022 yang diluncurkan pada Maret lalu. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.