Kompas.com - 12/05/2022, 20:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke tempat wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada 29 April - 8 Mei 2022 pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak lebih dari satu juta wisatawan, dengan tempat wisata kuliner yang menjadi favorit.

"Tingkat kunjungan kita 1.058.889 wisatawan yang tersebar di beberapa destinasi wisata yang ada di Sleman," ujar Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam jumpa pers, Kamis (12/05/2022).

Danang menyampaikan, jumlah kunjungan terbanyak tercatat ada di tempat wisata kuliner. Kemudian disusul wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya.

Baca juga:

"Kita bangga UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), produk-produk rumahan UMKM kita masyarakat juga tersenyum karena laku, kuliner juga mulai laku. Sehingga harapan kita ini akan terus meningkat, data dari provinsi uang yang beredar terkait dengan kunjungan wisata ini di Sleman sekitar 1,3 T (triliun)," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono menambahkan, tempat wisata kuliner menjadi favorit kunjungan di Kabupaten Sleman, dengan jumlah kunjungan sebesar 470.592 kunjungan atau 44,44 persen.

"Sebagian besar pemudik memiliki kenangan yang bisa dibagi dengan keluarganya terkait kuliner yang dinikmatinya selama berkuliah atau tinggal di Kabupaten Sleman," jelas Suparmono dalam keterangan tertulis.

Bunker Kaliadem.TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI Bunker Kaliadem.

Tempat wisata alam mendapat kunjungan sebesar 276.617 atau 26,12 persen. Selanjutnya, tempat wisata buatan manusia sebesar 169.052 kunjungan atau 15,96 persen, dan tempat wisata budaya sebesar 142.628 kunjungan atau 13,47 persen.

"Jip lereng Merapi masih menjadi primadona wisatawan. Tercatat tidak kurang dari 85.052 wisatawan (atau) 30,76 persen menggunakan jip untuk menikmati keindahan kawasan Kaliurang dan Kaliadem," tuturnya.

Kawasan Kaliadem, dengan berbagai tempat wisata yang ada, seperti Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan dan Batu Alien, menjadi tempat wisata pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman sebesar 24,82 persen.

Baca juga:

Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko tercatat sebanyak 7.000 sampai lebih dari 20.000 kunjungan.

"Kunjungan ke Candi Ijo dan Candi Sambisari juga menunjukkan kenaikan sampai dengan 20 persen dibandingkan kunjungan pada hari-hari biasa," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.