Kompas.com - 17/04/2022, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Banda Aceh mempunyai beberapa kafe yang dapat dinikmati bersama teman maupun keluarga. Selain menawarkan aneka menu, kafe tersebut juga mempunyai desain kekinian yang Instagramable.

Pengunjung juga bisa menikmati menu kopi khas Aceh. Beberapa kafe menyajikan racikan kopi khas dan kopi legendaris. Berikut 10 rekomendasi kafe di Banda Aceh. 

Baca juga: 20 Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

Kafe di Banda Aceh

1. Solong Coffee

Sajian kopi di Kedai Kopi Solong, Aceh.- Sajian kopi di Kedai Kopi Solong, Aceh.

Kopi Solong atau Solong Coffee merupakan salah satu kopi legendaris di Banda Aceh. Mengutip dari Pesona Indonesia Kompas.com, (17/6/2019), Kopi Solong sudah berdiri sejak 1974. 

Ramuan kopi sangat khas karena karena menggunakan campuran jagung, biji jagung, gula, dan mentega. Semua ramuan itu dipadukan dengan biji kopi robusta.

Cara menyeduh dan menyaring kopi pun cukup unik. Kopi disaring menggunakan kain tipis yang dipindah dari satu ceret ke ceret lainnya

Baca juga: Nikmatnya Ngopi di Kopi Solong, Aceh

Menu kopi lainnya ada kopi robusta, arabica, kopi hitam, kopi susu, dan lainnya. Selain kopi, kedai kopi tersebut juga menyediakan kuliner khas, kue-kue tradisional seperti kue ade, timpan, kue jala, dan lainnya.

Kedai Kopi Solong kini memiliki empat cabang. Kedai paling besar sekaligus pusatnya berada di Jalan T Iskandar No 13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh.

2. Moorden Coffee

Moorden Coffee mempunyai menu khas yakni Nirapresso. Sesuai namanya kopi ini merupakan campuran air nira dengan kopi arabika. 

Bangunan kafe mengusung konsep perpaduan kontemporer dengan rustic. Fasad dinding menggunakan elemen bata dan kayu. Bangunan kafe didominasi warna putih, coklat, dan hitam. 

Lokasi Moorden Coffee berada di Beurawe, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh. 

Baca juga: Museum Samudera Pasai di Aceh Utara Tutup Selama Ramadhan dan Libur Idul Fitri 2022

3. Abraj Rooftop

Suasana berbuka puasa di Abraj Rooftop, Grand Arabia Hotel, di Jalan Prof A Majid Ibrahim II No 3, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, AcehKOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Suasana berbuka puasa di Abraj Rooftop, Grand Arabia Hotel, di Jalan Prof A Majid Ibrahim II No 3, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Sesuai namnya, kafe ini berada di area rooftop tepatnya di di lantai enam Grand Arabia Hotel, Banda Aceh. Mengutip Kompas.com (16/04/2022), kafe ini menawarkan pemandangan Instagramable dari ketinggian. 

Menu takjil yang ditawarkan antara lain kolak ubi ungu, kolang kaling, dan serabi buah nangka. Pihak kafe juga menyediakan kuah belangong, makanan khas Aceh. 

Baca juga: Menparekraf Resmikan Tower Mangrove Langsa, Tempat Wisata Baru di Aceh

Saat malam tiba, suasana kafe semakin Instagramable karena terdapat cahaya dari lampu berwarna kuning dan putih. 

Lokasinya berada di Grand Arabia Hotel, di Jalan Prof A Majid Ibrahim II No 3, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.