Kompas.com - 17/04/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Cannes dan Marseille, kota di Perancis bagian selatan dikenal sebagai salah satu tempat selebriti dunia berlibur sekaligus diadakannya sejumlah festival bergengsi.

Bagaimana rasanya berpuasa di kawasan selatan Perancis yang dekat dari pantai dan pelabuhan ini? 

Seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Hana Alifah Sakina menceritakan pengalaman tahun keduanya menjalani Ramadhan di Perancis.

"Ini tahun keduaku di Perancis dan Ramadhan kedua. Dulu Ramadhan pertama di Paris, sekarang Ramadhan kedua di selatan, tepatnya Cannes. Tapi aku juga sering main ke kota yang namanya Marseille," kata Hana kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Baca juga:

Selama Ramadhan tahun ini, ia menghabiskan waktu di dua kota daerah selatan Perancis, yakni Cannes dan Marseilles.

Untuk kota Cannes, Hana mengatakan bahwa orang Muslim sangat jarang ditemukan di sana, sama halnya dengan orang Indonesia.

Sementara itu, masih di sebelah selatan Perancis, ada kota Marseille yang menurutnya lebih banyak dihuni orang Indonesia dan penduduk Muslim. Terutama orang-orang dari Timur Tengah, seperti Arab atau Northern Africa.

Lelah puasa tergantikan dengan indahnya suasana kota

Meski Muslim menjadi minoritas di Cannes, ia beryukur durasi puasa di Perancis selatan lebih singkat daripada saat di Paris. Tak hanya itu, pemandangan yang indah menjadi kebahagiaan tersendiri.

"Alhamdulillah puasa tahun ini pas Spring (musim semi), enggak kaya bulan Mei pas transisi summer (musim panas). April gini udaranya sejuk, adem. Kadang panas kadang dingin, tapi karena di selatan, kita enggak ada salju dan lebih banyak dapat matahari," ujarnya.

Pemandangan kota Cannes di PerancisDok. Hana Alifah Sakina Pemandangan kota Cannes di Perancis

Ia melanjutkan, kesehatan batin juga terjaga karena bisa melihat lihat pemandangan selatan yang indah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.