Kompas.com - 26/05/2022, 07:32 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mempunyai sejumlah obyek wisata pantai. Salah satu pantai yang menjadi incaran wisatawan adalah Pantai Pulau Merah. 

Pantai Pulau Merah menawarkan panorama matahari terbenam (sunset) berwarna merah. Agar menikmati panorama tersebut, pengunjung dianjurkan datang pada periode November - Februari.

“Kalau sunset November sampai Februari matahari berada di sebelah selatan, jadi waktu matahari tenggelam biasanya cahayanya bisa lebih merah di Pantai Pulau Merah,” terang Sekretaris Pokmas Wisata Pulau Merah Ali Mabrur saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Fenomena sunset berwarna merah tersebut tak lepas dari keberadaan Pulau Merah yang sekitar 50-100 meter dari bibir pantai. Dinamakan Pulau Merah lantaran tanah di bukit setinggi 200 meter tersebut berwarna merah bata. 

Baca juga: 

Cahaya matahari yang menyinari Pulau Merah tersebut membuat panorama sunset di Pantai Pulau Merah cukup unik.

“Dinamakan Pulau Merah karena tanahnya berwarna merah seperti batu bata, beda dari pulau-pulau di sekitarnya,” jelasnya. 

Jika kamu ingin menikmati sunset Pantai Pulau Merah, berikut panduan wisatanya. 

Tips wisata ke Pantai Pulau Merah 

Ali menyebutkan sejumlah tips bagi wisatawan yang hendak berwisata ke Pantai Pulau Merah, sehingga kunjungan mereka bisa maksimal dan menyenangkan. 

1. Periode kunjungan 

Ali mengatakan, waktu kunjungan turut mempengaruhi panorama di Pantai Pulau Merah. Seperti disampaikan sebelumnya, jika wisatawan ingin menikmati panorama sunset berwarna merah, maka sebaiknya datang pada periode November-Februari. 

Namun, terkadang hujan turun pada bulan-bulan tersebut. 

Wisatawan mulai berdatangan mendatangi wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI Wisatawan mulai berdatangan mendatangi wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19

Apabila wisatawan ingin menikmati panorama pantai pasir putih yang bersih, maka Ali menganjurkan datang pada periode Juli-November. Bulan-bulan tersebut bertepatan dengan musim kemarau. 

“Kalau msuim kemarau Pantai Pulau Merah bagus untuk kebersihannya, karena kami masih sering dapat sampah kiriman saat musim hujan, sementara petugas kebersihan kita masih manual semunya,” jelasnya. 

2. Camping dengan aman 

Pengunjung juga bisa bermalam atau camping di Pantai Pulau Merah. Ali menganjurkan wisawatan yang ingin camping untuk terlebih dahulu melapor kepada petugas. 

Selanjutnya, mereka akan diarahkan ke lokasi camping yang telah disediakan. Lokasi tersebut cenderung aman dari terjangan ombak serta dekat dengan fasilitas umum, seperti toilet dan musala. 

Wisatawan menggelar camping di wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI Wisatawan menggelar camping di wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19

3. Berenang di Pantai Pulau Merah 

Selain tersohor dengan panorama sunset, Pantai Pulau Merah juga terkenal memiliki ombak besar sehingga bisa digunakan untuk surfing. Jadi, Ali mengimbau wisatawan yang ingin berenang untuk berhati-hati. 

Ia menganjurkan wisawatan yang ingin berenang untuk terlebih dahulu melapor kepada petugas. 

“Kalau mau berenang di pantai, lebih baik koordinasi dengan penjaga pantai, nanti akan diarahkan (ke) lokasi yang aman buat berenang,” terangnya.

Karena ombaknya besar, maka tidak tersedia fasilitas snorkeling atau diving di Pantai Pulau Merah. 

“Kalau untuk snorkeling dan diving tidak bisa karena ombaknya besar, biasanya kalau pengunjung ingin snorkeling atau diving kami arahkan ke Pantai Wedi Ireng karena di sana teluk jadi ombaknya lebih kecil,” tuturnya. 

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Terkenal dengan Sunset Berwarna Merah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.