Kompas.com - 15/06/2022, 23:16 WIB

KOMPAS.com - Kebun Raya Purwodadi bisa menjadi alternatif destinasi wisata ketika kamu mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

Namun, selain ke sana, kamu juga bisa mampir ke sejumlah tempat wisata dekat Kebun Raya Purwodadi yang cukup beragam.

Baca juga: 7 Aktivitas di Kebun Raya Purwodadi, Bisa Keliling Naik Skuter

Salah satunya adalah Taman Safari Prigen yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Berikut sejumlah tempat wisata dekat Kebun Raya Purwodadi yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Jawa Timur:

1. Taman Safari Prigen

Wisatawan saat memberi makan jerapah dengan tumpeng sayur dan buah di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (20/6/2021).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Wisatawan saat memberi makan jerapah dengan tumpeng sayur dan buah di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (20/6/2021).

Taman Safari Prigen berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Meski jaraknya terdengar jauh dari Kebun Raya Purwodadi, yakni sekitar 17,4 kilometer (km), namun kita hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk mencapainya.

Dikutip dari Kompas.com, (28/04/2022), destinasi seluasi 350 hektar ini memiliki koleksi satwa yang terbilang lengkap.

Baca juga: Panduan Wisata ke Taman Safari Prigen, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Di sana, kita bisa belajar mengenai satwa serta mendapatkan pengalaman berinteraksi dekat dengan satwa-satwa tersebut, termasuk menginap di kawasan kebun binatang.

2. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung.DOK JADESTA KEMENPAREKRAF Air Terjun Coban Baung.

Jika mencari tempat wisata dekat Kebun Raya Purwodadi yang menyuguhkan panorama alam indah, kamu bisa mengunjungi air terjun Coban Baung.

Jaraknya hanya sekitar 1,1 km atau bisa dicapai kurang dari 5 menit perjalanan.

Mengutip situs Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Rabu (15/06/2022), Air Terjun Coban Baung terletak di dalam kawasan hutan wisata dengan ketinggian 100 meter.

Banyaknya pohon di sekitarnya membuat obyek wisata ini memberikan suasana yang sejuk, nyaman, dan tenang.

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Selain melihat keindahan pertemuan aliran Sungai Welang dan Sungai Beji, pengunjung juga bisa melihat panorama tebing-tebing tinggi di sekitar Coban Baung yang tak kalah eksotis.

Tak hanya Air Terjun Coban Baung, pengunjung juga bisa menemukan empat air terjun dengan ketinggian sekitar 10-20 meter di sepanjang aliran Sungai Beji.

Sementara itu, menurut situs Jejaring Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, air terjun ini merupakan titik awal atau start atas untuk aktivitas rafting hijau di Desa Wisata Kertosari.

3. Coban Goa Jalmo

Coban Goa Jalmo juga bisa menjadi pilihan tempat wisata dekat Kebun Raya Purwodadi.

Lokasinya berjarak sekitar 10,4 km atau bisa ditempuh dengan kendaraan selama sekitar 21 menit.

Menurut situs Jejaring Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, destinasi ini merupakan goa peninggalan Belanda dan dikelola menjadi destinasi wisata sejak 2018 oleh Kelompok Sadar Wisata bersama sejumlah pihak lainnya.

Wisata Coban Goa Jalmo memiliki ikon tersendiri, yaitu goa dan air terjun dengan sejarah mistis. Secara turun-temurun, goa tersebut diyakini pernah menjadi tempat persembunyian dari penjajah Belanda.

Baca juga: Goa Sunyaragi Cirebon dan Patung Perawan Sunti yang Bikin Susah Jodoh

Konon, di sana terdapat ular berkepala manusia yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Itulah mengapa, goa ini dinamakan "goa jalmo", yang berarti goa jelmaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.