Kompas.com - 15/06/2022, 22:54 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Sejumlah tempat di dunia tidak boleh dilintasi oleh pesawat. Mengutip situs World Atlas, tempat-tempat terlarang bagi burung besi itu disebut zona larangan terbang atau no fly zone. 

Terdapat sejumlah alasan lokasi itu dikategorikan sebagai tempat yang tidak boleh dilewati pesawat. Misalnya, melindungi penumpang sipil dalam pesawat dari potensi bahaya saat melintas di atas wilayah tertentu. 

Selain itu, zona larangan terbang biasanya ditetapkan untuk menjaga keamanan nasional pada wilayah-wilayah penting di suatu negara. 

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Pesawat Tidak Boleh Melewati Kabah

Tak hanya soal keamanan, zona larangan terbang juga ditetapkan berkaitan dengan topografi alami daratan. Zona larangan terbang ditetapkan secara permanen maupun berkala dalam kurun waktu tertentu. 

Jika pesawat nekat melintas di atas wilayah tersebut, maka harus siap menanggung konsekuensinya, termasuk ditembak hingga jatuh. 

Berikut tempat yang tidak boleh dilewati pesawat seperti dihimpun Kompas.com.

Baca juga: Kenapa Mesin Pesawat Berisik? Ternyata Ini Penjelasannya

1. Taman hiburan Disney, AS

Ilustrasi Disneyland.https://disneyland.disney.go.com/ Ilustrasi Disneyland.

Zona larangan terbang berlaku di dua taman hiburan Disney, yakni Walt Disney World di Florida dan Disneyland di California, dilansir dari World Atlas. Zona larangan terbang di area berlaku di bawah 3.000 kaki, sehingga pesawat hanya diperbolehkan terbang lebih dari ketinggian tersebut. 

Zona larangan terbang di Disney berlaku setelah peristiwa teror 11 September 2001. Sebab, taman hiburan tersebut didatangi jutaan pengunjung setiap tahunnya. 

Baca juga: Kenapa Suhu Kabin Pesawat Dingin? Ternyata Disengaja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.