BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta, Irwan Hidayat: Merek Indonesia, Arsitek Indonesia, Tema Nusantara

Kompas.com - 20/06/2022, 09:03 WIB
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – PT Hotel Candi Baru melakukan ekspansi bisnis lewat fasilitas properti terbarunya, yakni Hotel Tentrem Jakarta. Menggandeng PT Praja Karalan Perdana sebagai developer, Hotel Tentrem akan hadir lebih dekat dengan pelancong yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Adapun peletakan batu pertama atau groundbreaking telah dilaksanakan pada Sabtu (18/6/2022). Berlokasi di Alam Sutera, Hotel Tentrem Jakarta akan menjadi properti ketiga, melengkapi dua hotel yang sudah hadir di Yogyakarta dan Semarang.

Direktur PT Praja Kralan Perdana, Karina Pikanto, memaparkan, Alam Sutera sengaja dipilih sebagai lokasi karena kawasan tersebut strategis, modern, dan berkembang. Alam Sutera merupakan kawasan mandiri yang sudah memiliki fasilitas lengkap, mulai dari sarana pendidikan, kesehatan, olahraga, hingga pusat perbelanjaan.

“Di Alam Sutera sangat ramai anak muda. Kami harap, kehadiran Hotel Tentrem Jakarta dapat menambah keramaian dan melengkapi ekosistem serta fasilitas yang sudah ada,” ujarnya.

Baca juga: Ini Alasan Obama Menginap di Hotel Tentrem

Direktur Utama PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat yang hadir pada acara itu sempat berkisah mengenai kali pertama pihaknya membangun Hotel Tentrem.

“Saya masih ingat kali pertama (hotel dibangun). Banyak orang sangsi dengan kami, ‘bangun hotel kok di Yogyakarta. Kenapa tidak di Bali?’. Begitu juga saat bangun hotel kedua di Semarang. Orang luar memandang kami bodoh tenan membangun hotel di daerah,” ujar Irwan Hidayat.

Direktur Utama PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat berbicara pada groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta, Sabtu (18/6/2022).Dok Humas PT Hotel Candi Baru Direktur Utama PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat berbicara pada groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Kala itu, Irwan akui bahwa dirinya memang tidak berpikir keuntungan, apalagi menargetkan kapan modalnya bisa kembali.

Di sisi lain, Yogyakarta dan Semarang punya arti lain bagi keluarga Irwan. Mereka menganggap dua kota itu sebagai home base.

“Akhirnya, kalau ditanya orang, saya akan bilang kalau saya ini bukan pengusaha hotel. Saya hanya peminat yang hobinya bangun hotel untuk menyenangkan hati. Saya mau bangun hotel yang bagus. Bisnis yang bisa dinikmati,” tambah Irwan yang juga merupakan Direktur Marketing Sido Muncul.

Baca juga: Sukacita Pemilik Hotel Tentrem Saat Obama Pilih Menginap di Tempatnya

Siapa sangka, niat baik itu berbuah manis. Hotel itu kemudian laris manis. Pengunjungnya pun sangat beragam, mulai dari lokal hingga mancanegara.

“Mungkin itu yang namanya hoki. Tidak di Bali pun nyatanya kami laris. Tahun ketiga hotel pertama dioperasikan, kami sudah membukukan profit dari operasional,” sambungnya.

Saat ini, Irwan mengungkapkan rasa senangnya karena hotel ketiga akan dibangun. Tak seperti dua hotel lain yang dimiliki pihaknya secara penuh, kini mereka berperan sebagai operator hotel.

“Buat kami, yang penting adalah partner yang baik,” lanjut Irwan.

Berkontribusi untuk Indonesia

Sebagai informasi, Hotel Tentrem memiliki ciri khas yang mengangkat kearifan lokal. Irwan memaparkan, nama hotel yang pihaknya sematkan itu pun didasari oleh rasa cinta Tanah Air.

Groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta dilakukan secara simbolisasi di Alam Sutera, Sabtu (18/6/2022).Dok Humas PT Hotel Candi Baru Groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta dilakukan secara simbolisasi di Alam Sutera, Sabtu (18/6/2022).

Baginya, identitas yang mengedepankan tema Nusantara tersebut membuat Hotel Tentrem sukses dan diminati pengunjung hingga mancanegara.

Baca juga: Mendarat di Adisutjipto, Obama Menuju Hotel Tentrem Yogyakarta

“Itu juga yang jadi pertimbangan pihak kami untuk bekerja sama dengan PT Hotel Candi Baru sebagai operator. Alasan kami membangun Hotel Tentrem Jakarta sebenarnya berangkat dari keinginan untuk berkontribusi terhadap Indonesia,” sambung Karina.

Pihaknya, kata Karina, merasa terkesan dengan budaya lokal Indonesia yang diangkat pada Hotel Tentrem terdahulu di Yogyakarta dan Semarang.

“Kami terkesan melihat bagaimana budaya Indonesia mulai dari desain, makanan, hingga hospitality di-elaborate sehingga mampu bersaing dengan hotel bertaraf internasional. Hal penting lainnya, saat tamu-tamu mancanegara berkunjung, mereka bisa kenal dengan budaya kita (Indonesia). Kami ingin ikut berkontribusi dan menjadi bagian dari sejarah itu,” sambungnya.

Sebagai informasi, acara groundbreaking Hotel Tentrem Jakarta juga sekaligus menjadi penanda pembangunan properti tersebut dimulai.

Hotel Tentrem Jakarta akan menempati lahan seluas 5.500 hektare (ha) dengan luas bangunan 33.000 meter persegi (m2).

Baca juga: Sejoli Bajaj di Hotel Tentrem

Adapun hotel bintang lima tersebut memiliki total 17 lantai dengan jumlah 200 kamar bervariasi, mulai dari deluxe sampai presidential suite.

Fasilitas yang dihadirkan pun lengkap, yakni ballroom dan function space untuk kapasitas 1.000 orang, full spa and gym, pool and terrace, restoran dan kafe, Chinese restaurant, Indonesian-fusion restaurant, serta lobby and lounge.

Masih dalam rencana, soft opening hotel akan dilakukan pada Desember 2023.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.