Kompas.com - 21/06/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Wisatawan asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, bernama Roni Nur Efendi (20), dilaporkan telah hilang di kawasan Gunung Bromo, sejak Minggu (26/6/2022).

Hingga hari ini, Selasa (21/6/2022), keberadaan Roni masih dicari oleh petugas dan sejumlah pihak di tempat kejadian.

"Petugas sudah koordinasi dengan polsek dan mitra potensi SAR untuk melakukan pencarian, dan sampai sekarang ini masih dilakukan pencarian tapi masih belum menemukan yang bersangkutan," tutur Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat, saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Wisatawan yang Hilang di Kawasan Bromo Sempat Kirim Pesan Minta Bantuan ke Teman

Kronologi hilangnya wisatawan asal Malang di Gunung Bromo

Dari laporan Kompas.com (20/6/2022), Camat Tosari Kabupaten Pasuruan bernama Edi mengatakan, Roni berangkat berwisata ke Gunung Bromo bersama keenam temannya, pada Sabtu (18/6/2022) pukul 22.00 WIB.

"Keenam temannya berangkat bersama, berboncengan sepeda motor. Sedangkan Roni pakai motor sendiri," tutur Edi, Senin.

Sepeda motor Roni.Dok. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Sepeda motor Roni.

Kemudian, katanya, setelah mereka masuk ke kawasan Pasir Bromo pada Minggu (19/6/2022) pagi, Roni berpamitan kepada teman-temannya untuk pulang lebih dulu.

Saat keenam temannya sudah pulang, mereka terkejut karena Roni belum sampai di rumah, terang Edi.

Baca juga: Kronologi Hilangnya Wisatawan Asal Malang di Bromo, Pagi Pamit Mendahului Pulang, Sore Tak Ada Kabar

Sementara, menurut Syarif, petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menemukan motor merek Suzuki Satria Fu dengan nomor polisi N 5851 ECZ yang diduga milik Roni di blok Pusung Duwur, sekitar pukul 12.35 WIB.

"Jadi petugas menemukan sepeda motor di blok Pusung Duwur sekitar pukul 12.35 WIB, setelah melakukan kegiatan clean up di bungkah laut pasir, tanggal 19 Juni 2022," kata dia.

Selain motor, petugas juga menemukan helm, jaket hoodie, sepatu, dan ponsel di sekitar lokasi.

"Oleh petugas setelah empat jam ditunggu tidak ada pemiliknya (lalu) diamankan ke resort (Gunung Pananjakan)," terang Syarif.

Baca juga:

Kemudian, ia melanjutkan, kakak Roni datang ke resort Gunung Pananjakan sekitar pukul 16.43 WIB untuk mencari keberadaan Roni.

"Kemudian sama-sama dicari kembali sampai dengan pukul 19.15 WIB, namun dengan hasil (masih) nihil," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.