Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 22:10 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com- Ada kabar baik bagi sektor pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Sebab, Forbes Advisor memasukkan Ubud, Bali dalam daftar 40 destinasi terbaik bagi solo traveler 2022, yakni peringkat keenam. 

Forbes Advisor memprediksi para pelancong akan kembali bersemangat untuk bepergian pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan sejumlah pelonggaran perjalanan internasional. 

“Berdasarkan pemikiran tersebut, kami mencari destinasi paling populer bagi solo traveler, kemudian menyusun peringkat kota destinasi terbaik bagi solo traveler di seluruh dunia,” tulis Forbes Advisor, dikutip Kompas.com Jumat (1/7/2022). 

Untuk diketahui, Forbes Advisor adalah bagian dari Forbes dengan fokus pada layanan informasi dan riset, yang bertujuan membantu pembaca dalam mengambil keputusan tepat. Lingkup Forbes Advisor mencakup, informasi kredit konsumen, perbankan, investasi, asuransi, pinjaman, real estate, dan perjalanan (travel). 

Hasilnya, Forbes Advisor menobatkan Ho Chi Minh City, Vietnam sebagai destinasi terbaik bagi solo traveler 2022. 

Baca juga: Ubud Masuk 10 Destinasi Terbaik Versi Lonely Planet

Pura Tirta Empul yang biasa dijadikan tempat untuk ritual melukat.Indonesia Travel Pura Tirta Empul yang biasa dijadikan tempat untuk ritual melukat.

Metode  

Forber Advisor menjelaskan, peringkat 40 destinasi terbaik bagi solo traveler 2022 ditentukan dengan bantuan tiga pakar solo traveling sekaligus travel blogger. Ketiganya adalah Adventurous Kate, Vicky Flip Flop Travels, dan Global Grasshopper. 

Tiga travel blogger tersebut mengelola laman blog yang secara khusus mengulas mengenai traveling ke berbagai destinasi di dunia. Tulisan mereka juga mencakup tips perjalanan, hotel, destinasi wisata, dan lainnya. 

Selanjutnya, tiga pakar solo traveler tersebut menilai masing-masing kota berdasarkan 12 indikator, antara lain jumlah hostel, tingkat kejahatan, dan rata-rata biaya makan.

Baca juga: Wow! Ubud Jadi Kota Ke-4 Terbaik Sedunia, Kalahkan Kyoto dan Tokyo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Setiap indikator diberikan nilai 1 sampai dengan 40, dengan potensi skor maksimum 480. Sebagai peringkat nomor satu, Ho Chi Minh City mendapatkan skor 355. 

Sementara itu, Ubud, Bali menempati peringkat keenam dengan skor 314. Ubud berada satu peringkat di bawah Hong Kong, China. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com