Kompas.com - 15/07/2022, 12:42 WIB


LARANTUKA, KOMPAS.com - Festival Lewokluok untuk pertama kalinya digelar, usai Kampung Adat Lewokluok meraih juara pertama untuk kategori Kampung Adat Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Festival akan berlangsung di Desa Lewokluok di Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flores Timur, Petrus Pemang Liku, menjelaskan bahwa festival ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah dan masyarakat Desa Lewokluok.

Baca juga:

"Festival Lewokluok baru dimulai tahun ini. Kita dampingi dan intervensi dengan anggaran yang terbatas, ditambah dengan swadaya dari masyarakat," ujar Petrus kepada Kompas.com di Larantuka, Jumat (15/7/2022).

Petrus menerangkan, Festival Lewokluok akan digelar selama enam hari pada 16 - 21 Juli 2022.

Pada tanggal 16 -18 Juli, akan diisi dengan pertunjukan budaya dan pemeran ekonomi kreatif (ekraf) warga sekitar.

Selanjutnya, pada 19 - 21 Juli akan dilangsungkan ritual Koko Bale.

Baca juga: Melihat Indahnya Sunrise di Pantai Meko, Flores Timur

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Petrus menjelaskan, rangkaian ritual Koko Bale akan diawali dengan pembersihan rumah adat. Atap atau bubungan yang rusak akan diganti.

"Hari yang sama ada juga ritual di lokasi mata air. Ritual ini berlangsung pada Selasa (19/7/2022)," jelasnya.

Keesokan harinya, pada Rabu (20/7/2022), akan digelar ritus api, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

"Hewan yang disembelih disimpan dulu. Keesokan harinya, Kamis (21/7) baru dikuliti, lalu dipotong dan dimakan bersama warga yang hadir," jelasnya.

Baca juga:

Petrus menambahkan, festival ini terbuka untuk umum. Semua fasilitas, seperti homestay dan fasilitas penunjang lainnya sudah tersedia.

"Harapannya dengan adanya festival ini pariwisata kita bisa bangkit. Saya juga mengajak para wisatawan untuk mengikuti festival Lewokluok," ujarnya.

Baca juga: Festival Bale Nagi, Ajang Promosi Pariwisata Flores Timur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.