Kompas.com - 05/08/2022, 21:07 WIB

KOMPAS.com - Kota Bukittinggi merupakan salah satu daerah yang cukup dikenal sebagai destinasi wisata pilihan di Sumatera Barat.

Pemerintah daerah dan pengelola pariwisata Bukittinggi juga memiliki strategi tersendiri untuk terus mengembangkan tempat wisata di daerahnya, terutama sebagai pemulihan pascapandemi Covid-19.

Baca juga: Panduan Wisata Air Terjun Proklamator, Jam Buka dan Harga Tiket

Di antaranya, dengan mendorong pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti festival dan mengembangkan tempat wisata baru.

“Kami menganggarkan beberapa kegiatan atau event, yang tentu melibatkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan masyarakat. Strategi lainnya adalah bagaimana menarik kegiatan-kegiatan di pusat untuk diadakan lagi ke sini, supaya wisatawan juga bisa berdatangan ke sini," jelas Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukitinggi, Hendry, saat ditemui Kompas.com di Bukittinggi, Selasa (02/08/2022).

Baca juga: Pengalaman Jelajahi Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain itu, kata dia, Bukittinggi juga terus berupaya mengembangkan obyek wisata yang baru dan anti-mainstream, sehingga variasi bagi wisatawan semakin beragam.

“Kami juga mengembangkan obyek-obyek wisata baru, sehingga Bukittingi ada lagi yang mau dikunjungi, bukan Jam Gadang saja,” ujarnya.

Beberapa tempat wisata tersebut akan melibatkan masyarakat dan pokdarwis (kelompok sadar wisata), misalnya desa wisata yang saat ini sedang disiapkan.

Baca juga: Wisata Sejarah, Menyusuri Rumah Masa Kecil Bung Hatta di Bukittinggi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.