Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Sukabumi Naik Bus Si Ratu, Bisa Lihat Panorama Pantai

Kompas.com - 07/08/2022, 16:45 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menikmati keindahan panorama perkotaan di Sukabumi hingga Geopark Ciletuh Palabuhanratu kini bisa dilakukan sambil duduk santai di atas Si Ratu, bus wisata yang telah resmi dioperasikan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Dikutip dari Tribun Jabar, (02/08/2022), naik Si Ratu kini masih gratis karena masih dalam periode uji coba dan melibatkan warga sekitar.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Sukabumi, Main ke Curug hingga Mandi Air Panas

Salah seorang pemandu Si Ratu dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Saffanah mengatakan, bus yang dapat menampung hingga 25 orang itu akan melalui 10 titik. Bus berangkat dari Lapang Cangehgar dan berakhir di Pantai Karang Hawu.

Di Pantai Karang Hawu, wisatawan diberi waktu istirahat sekitar 25 menit untuk menikmati keindahan pantai atau bermain di sekitarnya.

Baca juga: 10 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah, Cocok untuk Liburan

"Ini (bus) 25 orang muat, tapi tempat duduknya buat 15 orang, yang lainnya berdiri. Sekarang masih free, gratis untuk masyarakat. Kalau nanti kan untuk wisatawan, sekarang lagi uji coba untuk masyarakat sini saja," ujar Saffanah, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Si Ratu, bus wisata yang akan mengantarkan wisatawan keliling Sukabumi.TRIBUN JABAR/M RIZAL JALALUDIN Si Ratu, bus wisata yang akan mengantarkan wisatawan keliling Sukabumi.

Si Ratu beroperasi setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB.

Tak hanya berkeliling menikmati panorama sekitar, penumpang juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Geopark Ciletuh dan titik lainnya yang dilewati Si Ratu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun beberapa titik yang dilewati sepanjang perjalanan seperti Alun-alun Masjid Agung Palabuharatu, Gado Bangkong, Istana Presiden Pasanggrahan, dan lainnya.

Baca juga: 12 Wisata Instagramable di Sukabumi, Ada Curug Berair Biru Jernih

Penumpang juga akan berkesempatan melihat pemandangan lepas pantai ketika melintasi Jalan Pantai Muara Citepus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com