Kompas.com - 07/08/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Menikmati keindahan panorama perkotaan di Sukabumi hingga Geopark Ciletuh Palabuhanratu kini bisa dilakukan sambil duduk santai di atas Si Ratu, bus wisata yang telah resmi dioperasikan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Dikutip dari Tribun Jabar, (02/08/2022), naik Si Ratu kini masih gratis karena masih dalam periode uji coba dan melibatkan warga sekitar.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Sukabumi, Main ke Curug hingga Mandi Air Panas

Salah seorang pemandu Si Ratu dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Saffanah mengatakan, bus yang dapat menampung hingga 25 orang itu akan melalui 10 titik. Bus berangkat dari Lapang Cangehgar dan berakhir di Pantai Karang Hawu.

Di Pantai Karang Hawu, wisatawan diberi waktu istirahat sekitar 25 menit untuk menikmati keindahan pantai atau bermain di sekitarnya.

Baca juga: 10 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah, Cocok untuk Liburan

"Ini (bus) 25 orang muat, tapi tempat duduknya buat 15 orang, yang lainnya berdiri. Sekarang masih free, gratis untuk masyarakat. Kalau nanti kan untuk wisatawan, sekarang lagi uji coba untuk masyarakat sini saja," ujar Saffanah, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Si Ratu, bus wisata yang akan mengantarkan wisatawan keliling Sukabumi.TRIBUN JABAR/M RIZAL JALALUDIN Si Ratu, bus wisata yang akan mengantarkan wisatawan keliling Sukabumi.

Si Ratu beroperasi setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB.

Tak hanya berkeliling menikmati panorama sekitar, penumpang juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Geopark Ciletuh dan titik lainnya yang dilewati Si Ratu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun beberapa titik yang dilewati sepanjang perjalanan seperti Alun-alun Masjid Agung Palabuharatu, Gado Bangkong, Istana Presiden Pasanggrahan, dan lainnya.

Baca juga: 12 Wisata Instagramable di Sukabumi, Ada Curug Berair Biru Jernih

Penumpang juga akan berkesempatan melihat pemandangan lepas pantai ketika melintasi Jalan Pantai Muara Citepus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.