Kompas.com - 07/08/2022, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Menikmati keindahan alam sekaligus kekayaan budaya dari masyarakat di Sumatera Barat, bisa dilakukan di suatu tempat bernama Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu.

Desa ini berlokasi di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Tepatnya di salah satu sudut Danau Singkarak.

Baca juga: Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu, Tawarkan Wisata Budaya dan Kearifan Lokal

Untuk mencapainya, wisatawan bisa menempuh jalur darat kurang lebih 2,5 jam ke sebelah utara kota Padang.

Masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Kampuang Minang Nagari Sumpu memiliki beragam atraksi wisata yang telah memenuhi standar protokol Kesehatan dari Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Berbagai atraksi wisata yang dikemas dalam paket, mulai dari menginap di rumah gadang, menjala ikan bilih, makan bajamba, river tubing, hingga melihat kesenian tradisional, bisa dilakukan dalam waktu satu hingga dua hari.

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Minang Dasar bagi Traveler dan Artinya

"Penginapan mulai Rp 275.000 sampai Rp 650.000 per orang, sudah termasuk Bajamba dan lainnya. Ada juga paket manjalo ikan untuk minimal lima orang mulai Rp 200.000an, sudah termasuk guide lokal dan peralatannya," ujar Ketua Pokdarwis Nagari Sumpu, Zuherman, kepada Kompas.com, Selasa (02/08/2022).

Homestay Rumah Gadang di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Homestay Rumah Gadang di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Minang Dasar bagi Traveler dan Artinya

Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Kampuang Minang Nagari Sumpu? Berikut Kompas.com rangkum aktivitasnya.

Aktivitas di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu

1. Menginap di homestay Rumah Gadang

Homestay Rumah Gadang di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat. Dok. Jadesta Kemenparekraf Homestay Rumah Gadang di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dari sekian banyak rumah gadang yang ada di Kampuang Minang Nagari Sumpu, terdapat tiga rumah gadang yang dijadikan homestay dan siap menerima wisatawan untuk menginap.

Tidak hanya menginap di rumah gadang, wisatawan akan mendapatkan paket-paket yang berbasis budaya, kuliner, alam, edukasi, hingga petualangan.

Baca juga: Apa Itu Pacu Jawi? Balapan Sapi Khas Minang yang Dijajal Gordon Ramsay

Selain itu, kamu bisa merasakan nuansa kampung dengan ditemani pemandu wisata dan penduduk lokal yang ramah, serta siap sedia menjelaskan informasi terkait filosofi budaya setempat. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.