Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 12:01 WIB
Krisda Tiofani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukit Lawang merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Sumatera Utara.

Ada banyak aktivitas wisata yang ditawarkan. Mulai dari berkemah, mengarungi sungai, menjelajah gua, menikmati kuliner lokal, hingga trekking.

Kompas.com berkesempatan mencoba trekking di Bukit Lawang hingga masuk ke TNGL pada Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Trekking di Gunung Kapur Batu Katak, Langkat dengan Jalur yang Menarik

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Familiarization Trip Ekowisata oleh DESMA Center, proyek pembangunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Bersama para travel agent, peserta mulai menjejaki rute trekking Bukit Lawang yang tidak terlalu ekstrem.

Jalan menanjak sepanjang 200-300 meter menjadi jalur awal yang dilewati. Jalan mulanya berupa tangga hingga perlahan berganti jalan licin bebatuan.

Pemandu menyarankan rombongan memakai sepatu selama trekking. Meski rutenya tidak terlalu panjang, sepatu dinilai lebih aman dijadikan alas kaki selama menyusuri hutan ini.

Baca juga:

Benar saja. Saat menggunakan sandal, Kompas.com harus ekstra hati-hati karena cukup banyak jalur licin yang harus dilewati.

Bonus ketemu orangutan dan Thomas's Leaf Monkey

Tak jauh dari garis awal trekking, kami berhenti sejenak di perkebunan warga karena melihat kehadiran orangutan di atas pohon. Bertemu satwa ini merupakan bonus.

Keberadaan satwa liar di kawasan TNGL memang sudah menjadi hal umum. Namun, bukan berarti mereka bisa selalu ditemukan saat trekking.

"Kalau mereka betul-betul liar, sulit (ditemukan). Kesempatannya tidak terlalu besar," kata pemandu trekking di TNGL Muhammad Abdillah Desviardo Pinem atau Ardo.

Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting menjadi pusat konservasi orangutan terbesar di dunia.Shutterstock/arikbintang Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting menjadi pusat konservasi orangutan terbesar di dunia.

Pemandu trekking bernama Ardo menyarankan kami untuk menjaga jarak dengan satwa liar tersebut. Ia juga mengingatkan untuk tidak membuat suara bising untuk menjaga kenyamanan orangutan.

Kompas.com berusaha memotret satwa liar ini. Sayangnya, sangat sulit mendapatkan gambar orangutan karena pohon yang dinaikinya cukup tinggi. Sebagian badannya pun tertutupi dedaunan.

Usai melihat orangutan sekitar 10 menit, perjalanan berlanjut. Jalur selanjutnya relatif mendatar. Terkadang. jalannya licin dan bebatuan, sebagian jalannya kering sehingga aman dilewati.

Baca juga:

Terus berjalan sekitar satu jam, kami tiba di pintu masuk TNGL, perbatasan antara Bukit Lawang dan hutan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com