Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata dan Pendakian Gunung Kerinci Ditutup Sementara

Kompas.com - 20/10/2022, 12:04 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Antara

KERINCI, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat mengumumkan penutupan wisata dan pendakian Gunung Kerinci sampai batas waktu yang belum ditentukan akibat aktivitas vulkanis.

Penutupan berlaku melalui pintu masuk Pos R10 Kersik Tuo di Kabupaten Kerinci, Jambi, dan camping ground Bangun Rejo di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Baca juga:

"Secara visual dari Solok Selatan dan Kerinci memang terlihat kepulan asap di puncak gunung," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat Wilayah IV, David, dikutip dari Antara pada Rabu (19/10/2022).

Menurut Surat Edaran SE.976/T.1/BIDTEK/KSA/10/2022 pada Rabu, penutupan menyusul terjadinya peningkatan aktivitas vulkanis di gunung tersebut sejak Selasa (18/10/2022), berdasarkan pantauan visual dari Pos R10 Kersik Tuo.

Adapun pantauan itu didukung oleh data Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Baca juga:

Menurut data tersebut, Gunung Kerinci mengalami erupsi dengan asap yang tingginya mencapai sekitar 500 meter pada Selasa dan sekitar 700 meter pada Rabu.

Selain itu, petugas Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci, Irwan Safwan, menyampaikan bahwa gunung tersebut telah mengalami gempa tremor sejak tiga pekan terakhir yang menandakan adanya aktivitas magma.

Baca juga: Mewujudkan Mimpi Stik Tempoyak Menjadi Penganan Khas Jambi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com