Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2022, 14:06 WIB

POTA, KOMPAS.com - Bunga teratai di Danau Rana Tonjong di Kelurahan Pota, Nusa Tenggara Timur (NTT), mekar pada bulan Oktober, atau di luar periode mekarnya yang biasanya pada April-Juli. 

"Benar, saya lihat sendiri saat memantau di lokasi Danau teratai Rana Tonjong, teratai mekar. Ini hal tidak biasa di Danau teratai Rana Tonjong," kata Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang bertugas di Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Arsyad, saat dihubungi Kompas.com, (27/10/2022).

Baca juga:

"Warga juga sangat heran dengan peristiwa ini. Kemungkinan karena pasokan air di danau membuat teratai mekar. Tapi, butuh penelitian lebih lanjut berkaitan dengan peristiwa ini," imbuhnya.

23 tahun lalu, teratai di Danau Rana Tonjong terakhir mekar pada bulan Oktober

Peristiwa langka terjadi di Danau Rana Tonjong dimana Teratai mekar di bulan Oktober 2022, Kamis, (27/10/2022). (DOK/THl Disparbud Matim-ARSYAD)DOK/Tenaga Harian Lepas Disparbud Matim-Arsyad Peristiwa langka terjadi di Danau Rana Tonjong dimana Teratai mekar di bulan Oktober 2022, Kamis, (27/10/2022). (DOK/THl Disparbud Matim-ARSYAD)

Arsyad, yang juga koordinator Destinasi Pariwisata Pantai Utara (Pantura), mengatakan, peristiwa mekarnya bunga teratai di danau ini pada bulan Oktober terakhir kali terjadi pada tahun 1999, atau 23 tahun lalu.

Pada waktu itu, bunga teratai mekar akibat curah hujan yang cukup tinggi. Namun, setelahnya, kekeringan mendera danau setiap bulan Oktober. 

Tidak hanya itu, pada 30 Oktober 2018, terjadi kebakaran yang menghanguskan seluruh teratai di danau tersebut. 

Baca juga:

"Saya sangat terharu dengan kejadian Oktober 2022 ini teratai Rana Tonjong berbunga secara menyeluruh. Saya terus memantau danau teratai Rana Tonjong," jelasnya.

Ia berharap agar teratai tetap terjaga berkat ketersediaan air di danau tersebut, dengan menggali sumur bor.

Wisatawan asing, Nusantara dan orang lokal Manggarai Timur sering mengunjungi Danau Teratai Rana Tonjong, Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Manggarai Timur, Flores, NTT, Selasa, (25/10/2022). (DOK/IBU YONA KANA)DOK/IBU YONA KANA MANGGARAI TIMUR Wisatawan asing, Nusantara dan orang lokal Manggarai Timur sering mengunjungi Danau Teratai Rana Tonjong, Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Manggarai Timur, Flores, NTT, Selasa, (25/10/2022). (DOK/IBU YONA KANA)

Seorang pengunjung Danau Rana Tonjong, Yona Kana, mengaku takjub akan mekarnya bunga teratai di danau tersebit. 

"Mari berkunjung untuk menyaksikan dan melihat danau lotus terbesar di dunia yang berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: Mengenal Desa Mbengan di NTT yang Ditetapkan sebagai Desa Wisata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+