Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 18:06 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pantai Pukan di Kecamatan Merawang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, jadi sasaran aksi bersih pantai belasan emak-emak yang tergabung dalam Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo).

Sebelum aksi bersih pantai dilakukan, panitia terlebih dahulu melakukan survei dan diketahui bahwa banyak sampah yang berserakan di sana.

Ketua panitia bersih pantai Suhertina mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja divisi maritim DPD Persikindo Bangka Belitung.

Baca juga: Bangka Belitung Fokus Wujudkan Pariwisata Bebas Nyamuk

“Kami sudah mengadakan survei ke beberapa pantai di wilayah Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, maka terpilihlah Pantai Pukan yang kami anggap pantai ini jauh dari kata bersih," kata Suhertina di Pantai Pukan, Jumat (18/11/2022).

Aksi bersih dilakukan dengan cara menyisir pantai sepanjang hampir 500 meter. Peserta membawa kantung plastik sembari memunguti sampah yang berserakan di sepanjang pantai.

Kebanyakan dari sampah itu berupa sampah plastik yang diduga berasal dari para pengunjung pantai. Selain itu ditemukan juga sampah kemasan yang diperkirakan terbawa arus atau buangan dari kapal yang melintas di Selat Bangka.

Tumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan pantai

Sementara itu, Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Bangka Belitung Sri Utami mengajak para pengunjung maupun pengelola untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan pantai agar menjadi daya tarik wisata.

“Perlu diketahui sampah pantai ini tidak hanya berasal dari pengunjung, tapi mungkin juga sampah yang terbawa arus hingga bermuara ke pesisir laut. Seindah-indahnya suatu tempat, kalau sampahnya banyak, siapa yang mau datang?," ucap dia.

Baca juga: 10 Wisata Sejarah Bangka Belitung, Ada Tambang Terbuka Pertama Asia Tenggara

Ia pun mengajak pengunjung untuk membawa barang yang tidak menjadi sampah. Contohnya membawa makanan serta minuman dalam kotak makan dan botol minum, sehingga tidak menyebabkan sampah.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Peserta aksi bersih kemudian memasang display berisi imbauan agar para pengunjung selalu peduli dengan kebersihan di Pantai Pukan.

Saat ini Pantai Pukan dikelola pemerintahan desa dengan lokasi terpaut sekitar 1 kilometer dari RSUD provinsi. Pantai ini memiliki banyak pohon cemara sehingga pengunjung kerap bersantai dengan menggelar tikar di bawahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com